Kamis 11 Oct 2018 14:14 WIB

Hadiri Rakernas LDII, Prabowo Sempat Lupa Sapa Marzuki Alie

Prabowo mengaku grogi.

Rep: Ali Mansur/ Red: Muhammad Hafil
Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto berpidato saat mengadiri Rakernas Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII), di Pondok Pesantren Minhaajurrosyidin, Jakarta, Kamis (11/10).
Foto: Republika/Prayogi
Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto berpidato saat mengadiri Rakernas Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII), di Pondok Pesantren Minhaajurrosyidin, Jakarta, Kamis (11/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) di Pondok Pesantren Minhajurrosyidin Pondok Gede, Jakarta Timur, Kamis (11/10). Dalam kesempatan itu Prabowo memberikan sambutan di hadapan para peserta, termasuk para ulama.

Dalam sambutannya, Prabowo mengaku terkesan dengan keberadaan LDII. Bagi dirinya, LDII merupakan organisasi besar yang memiliki jaringan luas. Di tengah-tengah sambutannya, Ketua Umum Partai Gerindra mengaku grogi saat harus bicara di depan ulama. "Maklum di hadapan ulama saya agak grogi. Kalau di depan tentara biasa, di depan petani biasa. Di depan ulama, apalagi banyak gelar-gelar profesor, saya ini agak nervous sedikit," kata Prabowo.

Baca Juga

Akibat grogi, dirinya sempat lupa menyapa tokoh-tokoh penting yang merupakan kader LDII. Termasuk salah satu kader LDII yang juga eks politikus Demokrat, Marzuki Alie. Kemudian disela-sela sambutannya dia menyapa mantan Ketua DPR RI itu. Para peserta rakernas LDII sendiri diperkirakan sekitar 1500 peserta dari seluruh provinsi pelosok nusantara.

Inti dari sambutannya, Prabowo menjelaskan beberapa poin dalam bukunya yang berjudul Paradoks Indonesia di hadapan pengurus dan kader LDII. "Buku Paradok Indonesia merangkum berbagai intisari perjuangannya selama ini. Saya melihat ada suatu pengkhianatan terjadi. Pengkhianatan ini dilakukan oleh elite bangsa sendiri terhadap rakyatnya," ujarnya.

Prabowo datang sekitar pukul 10.45 WIB, dengan mengenekan kemeja safari berwarna cokelat dan memakai peci hitam. Prabowo ditemani oleh pimpinan LDII seperti ketum Prof. DR. Ir. KH. Abdullah Syam, M.Sc, Dewan Penasihat LDII, Abdul Aziz Sulthon Aulia serta pimpinan ponpes Minhajurrosyidin, tempat acara digelar. Prabowo baru selesai kunjungannya sekitar pukul 12.45 WIB. Namun setelah acara itu Prabowo enggan memberikan pernyataan sepatah pun kepada awak media yang telah menunggunya.  "Sudah jelas tadi (pidato) sudah ya," kata Prabowo. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement