Ahad 07 Oct 2018 14:56 WIB

Besok Jokowi Mampir ke Padang, Apa Agendanya?

Jokowi mampir ke Padang sebelum bertolak ke Medan.

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Karta Raharja Ucu
Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Foto: Istimewa
Presiden Joko Widodo (Jokowi).

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Presiden Joko Widodo dijadwalkan berkunjung ke Kota Padang, Sumatra Barat Senin (8/10). Jokowi akan terbang ke Padang setelah menghadiri pembukaan MTQ Nasional di Medan, Sumatra Utara. Kunjungan esok hari adalah kunjungan Jokowi keenam ke Sumbar sejak ia menjabat sebagai Presiden RI.

"Benar, jadwalnya sudah disusun. Presiden langsung terbang dari Medan menuju Padang," ujar Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, Ahad (7/10).

Jokowi diagendakan untuk menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-28 Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) yang berlangsung di Kota Padang. Sumbar terpilih menjadi tuan rumah Rakernas IWAPI ke-28. Agenda tahunan tersebut akan dihadiri lebih 1.500 orang perempuan pengusaha dari seluruh provinsi di Indonesia.

Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) IWAPI Sumbar Emma Yohanna mengatakan, rakernas IWAPI akan dilangsungkan pada 8-10 Oktober 2018. Rangkaian kegiatan dipusatkan di Kota Padang.

Tak hanya pengusaha, rapat nasional itu dikabarkan juga akan dihadiri sejumlah Menteri kabinet Jokowi-JK. Di antaranya, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, serta Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise.

Jokowi sendiri sudah lima kali berkunjung ke Tanah Minang dalam jabatannya sebagai pimpinan tertinggi negara. Pada 2015, Jokowi berkunjung ke Sumbar dan Riau untuk meninjau dampak bencana kebakaran hutan dan lahan. Kemudian, pada April 2016 dirinya berkunjung lagi ke Sumbar untuk membuka Latihan Multilateral Angkatan Laut Komodo 2016.

Tiga bulan setelahnya, pada Juli 2016, Jokowi datang lagi ke Sumbar dengan agenda membagikan bantuan sosial di Kota Padang. Saat itu Presiden juga mengikuti shalat Idul Fitri 1437 H di Masjid  Raya Sumbar.

Kedatangan Jokowi juga tercatat saat Sumbar menjadi tuan rumah Hari Pers Nasinal (HPN) pada Februari 2018. Kemudian pada Mei 2018, Jokowi kembali hadir untuk meresmikan pengoperasian KA BIM.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement