Sabtu 29 Sep 2018 14:37 WIB

Dua Instruksi Mendagri Pascagempa Bumi di Palu dan Donggala

Pemerintah daerah diminta bahu membahu membantu daerah yang terkena musibah

Red: EH Ismail
Mendagri Tjahjo Kumolo usai rapat koordinasi terkait penanganan  penanggulangan bencana gempa bumi di Palu dan Donggala di Kantor Kemenkopolhukam, Jumat (29/9)
Mendagri Tjahjo Kumolo usai rapat koordinasi terkait penanganan penanggulangan bencana gempa bumi di Palu dan Donggala di Kantor Kemenkopolhukam, Jumat (29/9)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyampaikan dua instruksi penting kepada jajaran pemerintah daerah dalam penanganan bencana gempa bumi di Palu dan Donggala. Menurut Tjahjo , hal - hal yang harus cepat dilakukan jajaran pemerintah daerah adalah bahu membahu membantu daerah yang terkena musibah.

“Pertama saya menginstruksikan seluruh pemintah daerah sekitar daerah Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Mamuju dan sekitarnya  segera mengirim bantuan peralatan dan logistik,  tenaga medis, bahan makanan, obat - obatan, ambulan, pakaian, tenda dan lain sebagainya  yang dibutuhkan dalam keadaan darurat. Selain itu, pemerintah daerah mengerahkan  Satpol PP dan Damkar untuk ikut cepat  menolong korban,” kata Tjahjo usai rapat koordinasi terkait penanganan  penanggulangan bencana gempa bumi di Palu dan Donggala di Kantor Kemenkopolhukam, Jumat (29/9).

Instruksinya kedua, lanjut Tjahjo,  meminta Wali Kota Palu dan Bupati  Donggala segera mengeluarkan  Surat Keputusan tentang Pernyataaan keadaan darurat bencana. Tujuannya, agar pemerintah daerah memiliki payung hukum untuk menggunakan sumber pembiayaan APBN.

“Selain itu, untuk penanganan cepatnya harus dibantu segera dalam bentuk barang, peralatan dan sarana - prasarana lainnya yang dapat dimobilisasi segera,” tutur Tjahjo.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement