Kamis 27 Sep 2018 22:09 WIB

Dua KA Daop 5 Purwokerto Gunakan Gerbong Baru

Dua KA yang mengalami peremajaan gerbong yakni KA Purwojaya dan KA Kutojaya

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Esthi Maharani
Kereta api, ilustrasi
Kereta api, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Bertepatan dengan HUT ke 73 PT KAI pada 28 September 2018, beberapa rangkaian KA penumpang yang dikelola PT KAI Daop 5 Purwokerto akan menggunakan gerbong baru new image. Dua KA yang mengalami peremajaan gerbong tersebut, terdiri dari KA Purwojaya yang melayani rute Cilacap-Purwokerto-Jakarta PP dan KA Kutojaya Utara yang melayani rute Kutoarjo-Purwokerto-Jakarta PP.

Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Supriyanto, peremajaan gerbong kedua KA penumpang tersebut, merupakan bagian dari program PT KAI untuk melakukan peremajaan armadanya di seluruh Tanah Air. ''Bagi PT KAI Daop 5 Purwokerto, pergantian gerbong lama dengan gerbong baru ini, merupakan kado ulang tahun bagi kami,'' jelasnya.

Dia menilai, kedua KA tersebut memang sudah selayaknya dilakukan pergantian mengingat tingkat okupansinya yang cukup tinggi. Untuk KA Purwojaya yang merupakan rangkaian KA kelas eksekutif, rata-rata tingkat okupansinya mencapai 89 persen. Sedangkan KA Kutojaya  Utara yang merupakan KA Ekonomi Komersial, tingkat okupansinya mencapai 103 persen.

Supriyono juga menyebutkan, dengan dilakukannya peremajaan pada kedua KA penumpang tersebut, berarti sudah ada 3 KA penumpang PT KAI Daop 5 yang telah menggunakan gerbong baru. Sebelumnya, pada Agustus 2018 lalu juga telah dilakukan pergantian gerbong pada KA Sawunggalih Pagi dan KA Sawunggalih Malam relasi Kutoarjo-Purwokerto-Jakarta Pasarnenen PP dengan menggunakan KA ekonomi premium.

Menurutnya, dengan adanya peremajaan gerbong KA, juga dilakukan perubahan stamformasi untuk setiap rangkaian KA. KA Purwojaya yang semula hanya terdiri dari 8 gerbong dengan kapasitas 400 tempat duduk, diubah menjadi 9 gerbong dengan kapasitas 450 tempat duduk.

Demikian juga dengan KA Kutojaya Utara yang semula menggunakan 8 gerbong ekonomi dengan kapasitas 848 tempat duduk, ditambah menjadi 9 gerbong dengan kapasitas 720 tempat duduk.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement