Kamis 27 Sep 2018 15:23 WIB

Bursa Kerja UNS Tawarkan Lowongan dari 35 Perusahaan

Bursa kerja tersebut ditargetkan bisa menyedot hingga 7.000 pengunjung.

Rep: Binti Sholikah/ Red: Esthi Maharani
Pencari kerja / Ilustrasi
Foto: Zabur Karuru/Antara
Pencari kerja / Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO — Pusat Pengembangan Karier atau Career Development Center (CDC) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menggelar bursa kerja atau Job Fair XVIII selama dua hari, Rabu - Kamis (26-27/9) di Auditorium UNS. Sebanyak 35 perusahaan bertaraf regional maupun nasional menawarkan berbagai lowongan pekerjaan mulai dari staf hingga tataran manager. Bursa kerja tersebut ditargetkan bisa menyedot hingga 7.000 pengunjung.

Wakil Rektor III UNS, Darsono, mengatakan gelaran Job Fair tersebut rutin diselenggarakan oleh UNS dua kali dalam setahun. Hal itu dilakukan untuk memfasilitasi para pencari kerja terutama lulusan perguruan tinggi dengan penyedia lapangan pekerjaan.

"Jadi dengan adanya Job Fair ini target kami bisa memendekkan waktu tunggu para lulusan khususnya UNS. Karena masa tunggu lulusan ini menjadi bagian dari penilaian perguruan tinggi," kata Darsono seperti tertulis dalam siaran pers, Rabu (26/9).

Darsono menjelaskan, selain melalui Job Fair, UNS juga menyediakan Pre Job Training untuk membekali para lulusan. Dalam Pre Job Training ini calon lulusan dibekali tata cara penulisan surat lamaran pekerjaan, tata cara wawancara dan puncaknya digelar Job Fair.

"Job Fair ini tidak hanya untuk lulusan UNS saja, melainkan juga terbuka untuk lulusan kampus lain," ujar Darsono.

Sementara itu, Ketua Career Development Center (CDC) UNS, Kusnandar, menambahkan, Job Fair ini terbagi menjadi dua kluster yaitu kluster untuk lulusan Diploma/ Sarjana dan kluster untuk lulusan SMA. Dibukanya lowongan kerja untuk lulusan SMA ini lantaran adanya permintaan dari mitra yakni PT Kereta Api Indonesia (KAI) yang membuka kesempatan bagi lulusan SMA untuk bergabung. Job Fair kali ini terbagi menjadi dua lokasi yakni Auditorium UNS dan Student Center UNS.

"Yang di Auditorium UNS diperuntukkan untuk lulusan Diploma dan Sarjana. Kemudian yang lulusan SMA digelar di Student Center UNS," ucap Kusnandar.

Kusnandar menyebutkan, 35 perusahaan yang menjadi peserta Job Fair di antaranya PT KAI, Rosalia Indah Transport, Bank Bukopin, Indomaret Grup, CIMB Niaga, PT Indofood, PT Tiga Serangkai, PT Adira Finance, WOM Finance, PT Agungtex, PT Kurnia Kasih, PT Wika Realty tbk, PT Wijaya Karya dan lainnya.

"Jadi ada yang langsung wawancara, lalu ada yang hanya mengumpulkan berkas kemudian tes seleksinya setelah Job Fair, tergantung perusahaan masing-masing," imbuh Kusnandar.

Sementara itu, Manager Recruitment Placement and On Boarding PT KAI, Irvan Budi Irawan mengatakan PT KAI menyediakan formasi untuk lulusan SMA dan Sarjana. “Untuk SMA kita butuh jurusan IPA/IPS, lalu untuk sarjana butuh lulusan Manajemen Industri, Manajemen SDM, Hukum dan Teknologi Informasi,” ungkap Irvan.

Irvan menambahkan, PT KAI membuka sebanyak 1.145 lowongan dari berbagai unsur pendidikan dengan penempatan diseluruh wilayah kerja PT KAI.

Para calon pelamar langsung bisa melakukan verifikasi dokumen persyaratan lamaran. Apabila sesuai dengan ketentuan dan kuota maka akan mendapatkan Code dan Password untuk melakukan proses apply pada akun di website recruitment.kai.id

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement