Selasa 25 Sep 2018 21:41 WIB

105,25 Hektare Hutan Kawasan TN Gunung Ciremai Terbakar

Kebakaran tercatat terjadi lima kali di kawasan hutan TNGC Kabupaten Kuningan

Rep: Lilis sri handayani/ Red: Esthi Maharani
Gunung Ciremai
Foto: Wikimedia Commons
Gunung Ciremai

REPUBLIKA.CO.ID, KUNINGAN  -- Di musim kemarau tahun ini, kebakaran kembali melanda kawasan hutan Taman Nasional Gunung Ciremai  (TNGC) Kabupaten Kuningan. Peristiwa itupun menghanguskan ratusan hektare kawasan hutan di wilayah tersebut.

Berdasarkan data Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah  (BPBD) Kabupaten Kuningan, per 25 September 2018, kebakaran tercatat terjadi lima kali di kawasan hutan TNGC Kabupaten Kuningan. Adapun total luas lahan yang terbakar mencapai 105,25 hektare.

Dari kelima kejadian itu, kebakaran tercatat terjadi di Blok Leweung Datar jalur pendakian Linggarjati Desa Setianegara, Kecamatan Cilimus seluas 0,16 hektare dan di Blok Leweung Kiara, Ciula dan Lemah Nendeut seluas 94,2 hektare.

Selain itu, kebakaran juga menghanguskan kawasan hutan di Blok Sayangkaak dan Citamiang Desa Trijaya, Kecamatan Mandirancan seluas sembilan hektare, Blok Pajaten Desa Padabeunghar, Kecamatan Pasawahan seluas satu hektare dan Blok Curug Gongseng Desa Cibuntu, Kecamatan Pasawahan seluas 0,89 hektare.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kuningan, Agus Mauludin menyebutkan, peristiwa kebakaran terakhir yang melanda kawasan TNGC adalah di Blok Sayangkaak dan Blok Citamiang Desa Trijaya serta Blok Curug Gongseng Desa Cibuntu, Ahad (23/9) pukul 18.27 WIB. Api dapat dipadamkan di hari yang sama pukul 22.00 WIB.

‘’Di kawasan tersebut api membakar ilalang  dan perdu seluas sekitar sembilan hektare,’’ tandas Agus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement