Selasa 25 Sep 2018 18:07 WIB

Sejumlah Jalur Kereta di Jawa Tengah akan Dihidupkan Lagi

Ganjar juga mendorong adanya kereta wisata.

Lokomotif uap B 2503 yang menarik gerbong berisi wisatawan melaju di perlintasan kereta api di Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.
Foto: Aditya Pradana Putra/ANTARA
Lokomotif uap B 2503 yang menarik gerbong berisi wisatawan melaju di perlintasan kereta api di Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, MAGELANG -- Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menyatakan reaktivasi jalur kereta api di beberapa daerah di Jateng jalan terus. "Desainnya sudah disiapkan, Jateng sedang mempersiapkan moda transportasi massal dan saya kira kereta api yang terbaik," katanya di Magelang, Selasa (25/9).

Ia menyampaikan hal tersebut usai menjadi pembicara dalam seminar "Pengembangan Infrastruktur Transportasi sebagai Faktor Pendukung Pembangunan Nasional" yang diselenggarakan Fakultas Teknik Universitas Tidar Magelang. Ia menuturkan Belanda sudah membuat sejumlah jalur kereta api dan sekarang banyak rel kereta api yang hilang. Sebagian lainnya masih mempunyai potensi yang baik untuk dihidupkan kembali.

"Kita terus bergerak, kita tambah terus kerja sama dengan Kementerian Perhubungan dan PT Kereta Api dan insya Allah hasilnya akan semakin baik," katanya.

photo
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Terkait dengan anggaran reaktivasi jalur kereta api dari pusat, ia hanya meminta direaktivasi.Semua kebutuhan dana dihitung oleh Kementerian Perhubungan dan PT Kereta Api.

Menurut dia, jalur kereta api yang akan direaktivasi bermacam-macam, sekarang  diarahkan ke utara, mulai dari Semarang, Grobogan, dan rencananya sampai dengan Blora. Ia mengatakan jalur tengah yang akan dihidupkan Purworejo, Magelang, dan Wonosobo.

"Harapan kami juga beberapa daerah yang mempunyai potensi wisata, kita dorong kereta wisata, ini mau kita hidupkan, ke depan kita butuh transportasi massal karena penduduknya semakin banyak," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement