Senin 24 Sep 2018 16:13 WIB

Dewan Pembina Viking Imbau Anggotanya Bangun Perdamaian

Viking menyatakan belasungkawa terhadap keluarga korban.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Muhammad Hafil
Kasatreskrim AKBP M. Yoris Maulana menunjukkan barang bukti penganiayaan yang mengakibatkan warga Jakarta meninggal saat pertandingan Persib Vs Persija.
Foto: Republika/Zuli Istiqomah
Kasatreskrim AKBP M. Yoris Maulana menunjukkan barang bukti penganiayaan yang mengakibatkan warga Jakarta meninggal saat pertandingan Persib Vs Persija.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Ketua Dewan Pembina Viking, Iwa Karniwa mengaku terpukul dan sangat berduka cita atas tewasnya supporter The Jak Haringga Sirilia atas perbuatan sejumlah oknum supporter Persib di GBLA, Ahad (23/9). Menurut Iwa yang juga Sekda Jabar ini, dirinya sudah menghimbau pengurus dan anggota Viking untuk kembali membangun upaya perdamaian.

Yakni, dengan menghindari hal-hal yang bersifat anarkis dan memelihara sikap fanitisme berlebihan. “Cukup hentikan korban sampai disini. Jangan terulang lagi, kita bangga apabila  Liga berlangsung damai dan menghasilkan juara sehingga kualitas pemain dan pertandingan meningkat,” ujar Iwa di Gedung Sate, Bandung, Senin (24/9).

Iwa pun menyatakan, berbelangsungkawa terhadap keluarga korban, dan The Jak atas kejadian tersebut. Meskipun tindakan penganiayaan dan kekerasan bukan dilakukan oleh anggota Viking, tapi pihaknya memastikan akan mendukung kepolisian menindak tegas.

“Karena ini sudah menyangkut ranah kriminal, dan di sini Negara hukum, maka percayakan pada Kapolrestabes untuk menangani. Ini akan melakukan proses hukum sesuai ketentuan yang berlaku sehingga diharapkan ada efek jera pada para pelaku,” paparnya.

Iwa menilai, perilaku supporter yang menjurus anarkis dan selalu memelihara dendam akan menjauhkan kualitas sepakbola Indonesia yang tengah bersaing di Asia. Untuk Persib, segala jerih payah yang tengah diperjuangkan tim kebanggan Jawa Barat ini pun menjadi sia-sia karena ternoda oleh ulah oknum supporter yang biadab.

“Jaga kerukunan dan kedamaian diantara pecinta sepakbola. Sehingga cukup ini korban terakhir dan jangan terulang lagi, kita jaga, jaga, jaga,” katanya.

Iwa memastikan, akan memberikan bantuan pada keluarga korban Haringga lewat para pengurus Viking. “Akan ada santunan, nanti mekanisme penyerahannya saya serahkan pada Viking untuk menemui keluarga korban,” katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement