Sabtu 22 Sep 2018 21:27 WIB

Jokowi Resmikan GWK, Patung Tertinggi Ketiga di Dunia

Ketinggian Garuda Wisnu Kencana melebihi patung Liberty di AS.

Patung Garuda Wisnu Kencana.
Foto: Antara
Patung Garuda Wisnu Kencana.

REPUBLIKA.CO.ID, BADUNG -- Presiden Joko Widodo meresmikan patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) setinggi 121 meter yang berlokasi di Desa Ungasan, Kuta Selatan, Badung, Bali. Patung ini merupakan yang tertinggi ke-3 di dunia.

"Pada malam hari yang indah ini saya sangat senang, bisa hadir bersama bapak ibu dan saudara-saudara sekalian menyaksikan mahakarya anak bangsa, patung Garuda Wisnu Kencana," kata Presiden Joko Widodo di Cultural Park GWK, Badung, Bali pada Sabtu.

Hadir dalam peresmian tersebut Ibu Negara Irina Joko Widodo, Presiden Indonesia ke-5 Megawati Soekarnoputri, Wakil Presiden ke-6 Try Sutrisno, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Gubernur Bali I Wayan Koster dan para pejabat negara lainnya.

"Saya sebut mahakarya karena patung Garuda Wisnu Kencana adalah salah satu patung tembaga terbesar di dunia. Patung Garuda Wisnu Kencana adalah patung tertinggi ke-3 di dunia," kata Presiden.

Patung GWK, menurut Presiden, adalah patung tertinggi ketiga di dunia setelah The Spring Temple Buddha di Cina dan The Laykyun Sekkya Buddha di Myanmar. Patung ini juga mengalahi ketinggian patung Liberty di Bali.

"Saya tadi diberikan penjelasan bahwa patung ini lebih tinggi dari pada patung Liberty di Amerika Serikat. Selesainya mahakarya ini bukan hanya membanggakan rakyat Bali, masyarakat Bali tapi juga membanggakan seluruh masyarakat Indonesia," ungkap Presiden.

Dengan terwujudnya patung GWK sejak awal pembangunannya 28 tahun lalu, menurut Presiden, menunjukkan bahwa Indonesia juga mampu menghadirkan karya budaya pada masa kini. Indonesia bukan hanya mewarisi karya-karya besar peradaban bangsa masa lalu, yang indah seperti Candi Borobudur atau Candi Prambanan. 

"Bangsa kita juga bisa berkarya, bisa berkreasi untuk membangun sebuah peradaban, untuk melahirkan mahakarya yang baru, yang juga mengaggumkan kita semua, yang juga diakui dan dikagumi dunia," kata Presiden. Presiden juga mengucapkan terima kasih atas kegigihan dari semiman Nyoman Nuarte yang dengan tekun mewujudkan patung GBK bersama dengan para seniman lain.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement