Jumat 21 Sep 2018 17:37 WIB

Emil Siap Bantu Pembangunan Dua Flyover di Kota Bandung

Pemkot Bandung tengah menyiapkan pembangunan jalan layang baru.

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Friska Yolanda
Wali Kota Bandung Oded M Danial (kanan) memberikan foto kenang-kenangan saat lomba makan kerupuk kepada Wali Kota sebelumnya yang saat ini menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) pada acara serah terima jabatan Wali Kota Bandung, di Plaza Balai Kota, Jumat (21/9).
Foto: Republika/Edi Yusuf
Wali Kota Bandung Oded M Danial (kanan) memberikan foto kenang-kenangan saat lomba makan kerupuk kepada Wali Kota sebelumnya yang saat ini menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) pada acara serah terima jabatan Wali Kota Bandung, di Plaza Balai Kota, Jumat (21/9).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan pemerintah provinsi (pemprov) siap membantu pembangunan infrastruktur di Kota Bandung. Pemprov Jawa Barat akan memberikan bantuan pembiayaan untuk pembangunan flyover atau jalan layang di Kota Bandung.

Pria yang akrab disapa Emil itu mengatakan pihaknya menyerahkan titik lokasi pembangunan jalan layangnya kepada Pemkot Bandung. Titik yang dirasa paling siap bisa diajukan untuk dibantu anggarannya.

"Terserah Mang Oded (Wali Kota Bandung) tapi jatahnya dua," kata Emil usai prosesi serah terima jabatan (sertijab) di Balai Kota Bandung, Jumat (21/9).

Pemprov akan menyiapkan dana hibah untuk proyek flyover di Kota Bandung. Ia mengaku telah menyiapkan bantuan sebesar Rp 40 miliar dan dua jembatan layang untuk kota kelahirannya itu.

Namun, Emil menegaskan tidak akan mengesampingkan daerah di Jawa Barat lainnya. Semua kota kabupaten lainnya akan juga mendapatkan bantuan dalam rangka pemerataan pembangunan.

"Visi misi saya yang bagus di Bandung akan saya bawa sebagian jadi visi di Jawa Barat," ujarnya. 

Oded merespons dengan baik peluang itu. Oded berharap kemitraan dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan terjalin dengan semakin baik.

"Kalau kemarin berjuang dengan Kang Emil secara politis sejak awal, kini saya akan meneruskan membangun Kota Bandung. Tentu saja komunikasi dan kolaborasi dengan provinsi akan kita tingkatkan," ujar Oded.

Ia mengatakan Pemkot Bandung sudah mulai menyiapkan pembangunan flyover baru. Pihaknya sudah membahas kemungkinan lokasi yang paling siap dari sisi teknisnya.

Menurutnya, ada dua titik yang akan disiapkannya agar bisa mengaplikasikan rencana bantuan pemprov tersebut. Titik tersebut yaitu di Jalan Supratman dan Jalan Laswi.

"Dan saya juga sudah instruksikan kepada teman-teman bahwa tahun 2019 tahun DED (Detail Engineering Design). DED dulu harus kita selesaikan," ujarnya.

Ia bersama wakilnya Yana Mulyana pun sudah menyiapkan sejumlah program pada 100 hari kerja pertamanya. Ia akan menekankan pada memasifkan gerakan-gerakam sehingga tidak terlalu menghabiskan anggaran mengingat saat ini anggaran perubahan sudah dalam pembahasan.

photo
Wali Kota Bandung sebelumnya yang saat ini menjabat Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) melambaikan tangan kepada Wali Kota Bandung Oded M Danial yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Wali Kota Bandung pada acara serah terima jabatan wali kota yang dirangkaikan dengan pisah sambut di Plaza Balai Kota Bandung, Jumat (21/9).

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement