Kamis 20 Sep 2018 18:11 WIB

Revitalisasi Tugu Pal Putih Ditarget Selesai Akhir Oktober

Pengerjaan revitalisasi ini melalui pihak ketiga.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yusuf Assidiq
Petugas dari Dinas Kebudayaan DIY melakukan pemotretan 360 derajat bangunan Tugu Pal Putih, di Yogyakarta, Rabu (16/3)
Foto: Antara/Andreas Fitri Atmoko
Petugas dari Dinas Kebudayaan DIY melakukan pemotretan 360 derajat bangunan Tugu Pal Putih, di Yogyakarta, Rabu (16/3)

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Revitalisasi Tugu Pal Putih Yogyakarta ditargetkan selesai pada akhir Oktober 2018 mendatang. Revitalisasi ini dimulai sejak akhir Agustus 2018.

Kepala Seksi Pelindungan dan Pengembangan Balai Pelestarian Warisan Budaya dan Cagar Budaya (BPWBCB) Dinas Kebudayaan DIY, Agus Suwarto, mengungkapkan pengerjaan revitalisasi ini melalui pihak ketiga. Hingga saat ini, pengerjaan pun masih terus dilakukan.

"Pekerjaan dengan dikerjakan pihak ketiga,  rekanan CV Jaya Dini. Waktu pekerjaan 60 hari kalender, dari 27 Agustus sampai 25 Oktober 2018," kata Agus, saat dikonfirmasi.

Ia mengatakan, ada dua sasaran yang dilakukan dalam revitalisasi ini. Sasaran satu yaitu perawatan Tugu Pal Putih dan sasaran dua yaitu revitalisasi Taman Diorama Tugu Pal Putih.

Dana yang dianggarkan untuk melakukan revitalisasi berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Total alokasi dana pengerjaan untuk revitalisasi ini mencapai Rp 124 juta.

Ia menyebutkan, revitalisasi yang dilakukan merupakan sebagai kegiatan untuk memelihara cagar budaya ini. "Kegiatan ini sudah rutin atau pemeliharaan rutin," jelas dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement