Selasa 18 Sep 2018 16:11 WIB

Sleman Raih Gold di Indonesia's Attractiveness Award

IAA 2018 memberikan penghargaan kepada empat kategori.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq
Malam penganugerahan Indonesia's Attractiveness Award 2018 di JW Marriot Jakarta.
Foto: Dokumen.
Malam penganugerahan Indonesia's Attractiveness Award 2018 di JW Marriot Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Prestasi membanggakan kembali diraih Kabupaten Sleman, DIY. Kabupaten Sleman terpilih sebagai kabupaten terbaik kedua (gold) setelah Kabupaten Tabanan dalam bidang pariwisata di Indonesia's Attractiveness Award 2018.

Raihan itu didapatkan berdasarkan hasil penilaian dalam ajang Indonesia's Attractiveness Award (IAA) 2018. IAA merupakan penghargaan bergengsi bagi daerah yang memiliki daya tarik paling tinggi sebagai tujuan investasi.

Sleman merupakan satu dari 137 kabupaten/kota dan 34 provinsi yang lolos nominasi. Penilaian dilakukan melalui survei dan observasi, dan muncul Indonesia'a Attractiveness Indes atau IAI bagi tiap-tiap daerah.

Adapun dimensi yang diukur adalah investasi, infrastruktur, pariwisata, dan pelayanan publik. Seluruh dimensi penilaian dilakukan berdasarkan data primer maupun data sekunder.

Data sekunder sendiri untuk dimensi investasi, infrastruktur dan pariwisata berasal dari berbagai instansi. Mulai dari BKPM, BPS, Bank Indonesia dan kementerian-kementerian.

Malam penganugerahan berlangsung di JW Marriot yang dihadiri Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun. Wabup didampingi Kepala Dinas Pariwisata Sleman, Sudarningsih.

"Penghargaan ini menunjukkan keseriusan Pemkab Selamn melalui jajaran Dinas Pariwisata Sleman dan pemangku kepentingan lain dalam memajukan pariwisata di  Sleman," kata Sudarningsih.

IAA 2018 sendiri memberikan penghargaan kepada empat kategori. Kategori Kabupaten Potensial diraih Kabupaten Pasangkayu, Kabupaten Bogor, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Lombok, dan Kabupaten Nunukan.

Kategori Kabupaten Terbaik diraih Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Tabanan, Kabupaten Sleman, Kabupaten Tuban dan Kabupaten Muara.

Kategori Kota Potensial diraih Kota Bandar Lampung, Kota Jambi, Kota Pontianak, Kota Malang, Kota Yogyakarta, Kota Jayapura, Kota Padang, Kota Bitung, Kota Samarinda dan Kota Depok.

Kategori Kota Terbaik diraih Kota Semarang, Kota Malang, Kota Surabaya, Kota Makassar, Kota Semarang, Kota Padang, Kota Yogyakarta, Kota Bandung, dan Kota Manado.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement