Senin 17 Sep 2018 17:01 WIB

Depok Single Window, Aplikasi Layanan yang Memanjakan Warga

Aplikasi ini dapat membantu masyarakat Kota Depok untuk berbagai keperluan.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Gita Amanda
Aplikasi Depok Single Window (DSW).
Foto: Playstore
Aplikasi Depok Single Window (DSW).

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Pemerintah Kota (Pemkot) Depok terus berkomitmen mewujudkan Depok Cyber City. Salah satunya upaya yang dilakukan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok yang meluncurkan sebuah aplikasi Depok Single Window (DSW).

Dengan dukungan teknologi informasi pada perangkat Android ini, masyarakat bisa mendapatkan berbagai akses kemudahan pelayanan, seperti perizinan, bidang kesehatan, pajak, laporan kegawatdaruratan dan lain sebagainya. "Kesemuanya itu, kini sudah dapat dilakukan lewat satu aplikasi di genggaman untuk mempermudah warga mendapatkan layanan," ujar Kepala Bidang Aplikasi dan Teknologi Informatika (Aptika) Diskominfo Kota Depok, Rahmat Maulana di Balai Kota Depok, Selasa (17/9).

Menurut Rahmat, tujuan dari hadirnya aplikasi ini adalah sebagai langkah memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mengakses berbagai pelayanan yang ada di Pemkot Depok. Untuk mendapatkan aplikasi DSW ini sangatlah mudah. Warga Kota Depok bisa langsung mengunduhnya, lalu melakukan pendaftaran sesuai dengan arahan aplikasi tersebut.

"Aplikasi DSW ini, memang sangat mempermudah masyarakat. Contohnya, untuk mengetahui sejauh mana proses perizinan yang diajukan di Dinas atau mengetahui tagihan PBB. Kesemua itu, kini dapat dilakukan melalui Android yang sudah sangat erat dengan keseharian masyarakat. Kami sangat berharap satu aplikasi yang memiliki banyak manfaat ini, dapat dipergunakan warga Kota Depok dengan sebaik-baiknya," jelas Rahmat.

Selain layanan yang ada di Pemkot Depok, lanjut dia, aplikasi tersebut juga dilengkapi dengan layanan-layanan yang bekerja sama dengan Pemkot Depok, seperti PLN, dan kepolisian. "Kami juga melakukan kerja sama dengan instansi-instansi yang memberikan pelayanan ke masyarakat," tegas Rahmat.

Wali Kota Depok Mohammad Idris mengapresiasi aplikasi DSW dan berharap aplikasi ini dapat membantu masyarakat Kota Depok untuk berbagai keperluan. Pemkot Depok menurutnya juga sudah berupaya maksimal memberikan ide-ide baru berupa aplikasi yang memanfaatkan kecanggihan teknologi kepada masyarakat.

"Oleh karena itu, mari warga Kota Depok sama-sama kita download dan pergunakan aplikasi tersebut sesuai kebutuhan," pungkas Idris.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement