Kamis 13 Sep 2018 16:14 WIB

Danau dan Sungai di Jabar akan Dijadikan Objek Wisata

Gubernur Jabae berkomitmen memperbaiki beberapa danau dan sungai di Jabar.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Gita Amanda
Warga mencari ikan di Danau Cipule yang berada di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Kamis (1/9). (Republika/Raisan Al Farisi)
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Warga mencari ikan di Danau Cipule yang berada di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Kamis (1/9). (Republika/Raisan Al Farisi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar), berkomitmen untuk memperbaiki beberapa danau dan sungai yang ada di Jabar. Menurut Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, ia akan memperbaiki titik-titik danau dan sungai di Jabar untuk di jadikan titik-titik pariwisata.

"Kalau daerah punya danau kita perbaiki danaunya, yang punya sungai kita perbaiki sungainya yang punya pantai kita perbaiki pantainya," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil kepada wartawan, di Gedung Sate, Kamis (13/9).

Emil mengatakan, kalau Kota Bandung akan susah menggali potensi danau karena memang tak ada. "Bandung mah bikin jembatan bikin alun-alun," katanya.

Untuk Bekasi, menurut Emil, ia sudah menyurvei memang potensinya luar biasa karena ada jalur air mengalir. "Tapi (jalur air) itu teu di kumaha-kumaha, di viralkan berarti warga Bekasi memendam keinginan yang luar biasa untuk ruang hidupnya," katanya.

Emil menegaskan, intinya ia sedang mendesain agar Provinsi Jabar menjadi tempat yang manusiawi, ramah lingkungan dan percontohannya bahwa air harus dimuliakan. "Kita hormati bukan sekedar jalur enginering," katanya.

Saat ditanya tentang pencemaran yang terjadi di sungai, menurut Emil, ia nanti membuat konsep supaya yang masuk ke sungai tersebut bukan berupa buangan yang tidak terkontrol. "Semua akan dilaksanakan tahun depan pasangan Rindu kan judulnya juga ngabret," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement