Kamis 13 Sep 2018 14:37 WIB

Pembangunan GOR Merdeka Sukabumi Ditargetkan Rampung 2019

Rencananya untuk penyelesaian pembangunan gedung membutuhkan dana sebesar Rp 5 M.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Gita Amanda
Gubernur Jabar Ahmad Heryawan meninjau gedung olahraga (GOR) Merdeka Kota Sukabumi yang baru diresmikan sebagai bagian realisasi janji kampanye sebagai gubernur membangun sarana olahraga Ahad (1/4).
Foto: Republika/Riga Nurul Iman
Gubernur Jabar Ahmad Heryawan meninjau gedung olahraga (GOR) Merdeka Kota Sukabumi yang baru diresmikan sebagai bagian realisasi janji kampanye sebagai gubernur membangun sarana olahraga Ahad (1/4).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Pembangunan Gedung Olah raga (GOR) Merdeka Kota Sukabumi, Jawa Barat (Jabar) ditargetkan rampung pada 2019 mendatang. Rencananya untuk penyelesaian pembangunan gedung membutuhkan dana sebesar Rp 5 miliar.

Sebelumnya GOR Merdeka sudah diresmikan terlebih dahulu oleh Gubernur Jabar periode 2013-2018 Ahmad Heryawan pada 1 April 2018 lalu. Namun pada saat itu bangunan GOR Merdeka belum rampung 100 persen dan membutuhkan tahapan akhir pembangunan.

"Hanya tinggal butuh dana Rp 5 miliar untuk penyelesaian pembangunan GOR,’’ ujar Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jabar Yudha Munajat Saputra kepada wartawan di Kota Sukabumi, Kamis (13/9). Hal ini disampaikan disela-sela peringatan hari olahraga nasional (Haornas) tingkat Jabar yang digelar di Kota Sukabumi.

Menurut Yudha, anggaran pembangunan GOR ini dimasukkan dalam APBD murni 2019. Sebab jika dimasukkan dalam APBD Perubahan 2018 tidak memungkinkan karena waktunya sangat sempit.

Sehingga, kata Yudha, dana ini akan diproses oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan disetujui tim anggaran pemerintah daerah (TAPD). Nantinya jenis anggaran yang disalurkan dalam bentuk dana hibah.

Yudha menerangkan, anggaran pembangunan tahap akhir ini tidak sebesar yang pertama. Harapannya Wali Kota Sukabumi dan Gubernur Jabar Ridwan Kamil bisa berkoordinasi untuk bisa menuntaskan pembangunan GOR Merdeka.

"Pembangunan GOR ini salah satu prioritas,’’ cetus  Yudha. Pada era Ahmad Heryawan hampir semua kabupaen/kota di Jabar dibangun sarana olahraga khususnya GOR. Di mana sarana ini tidak hanya digunakan untuk olahraga melainkan untuk aktivitas yang lainnya.

Sementara pada kebijakan Gubernur Ridwan Kamil kata Yudha rencananya pembangunan sarana olahraga akan sampai hingga ke desa-desa. Intinya jika desa membutuhkan sarana olahraga maka akan segera difasilitasi oleh pemerintah.

Selain membangun sarana, kata Yudha, pemerintah juga mendorong minat olahraga melalui pendidikan di sekolah. "Karena bersifat wajib maka anak-anak diharapkan senang olahrag ketika berada di masyarakat,’’ imbuh dia.

Sebelumnya mantan Gubernur Jabar periode 2013-2018 Ahmad Heryawan atau sering disapa Aher mengatkan, pembangunan GOR memang belum tuntas dan untuk mencapai 100 persen dibutuhkan dana minimal Rp 5 miliar. Awalnya Pemprov menyalurkan dana pembangunan GOR Merdeka sebesar Rp 25 miliar.

Dalam prakteknya, ungkap Aher, ada kenaikan harga barang sehingga mengakibatkan belum tuntas. Harapannya paling lambat 2019 mendatang gedung ini bisa diselasaikan baik menggunkan dana APBD Kota Sukabumi maupun APBD Provinsi Jabar. Bila gedung ini tuntas maka akan menjadi tempat olah raga paling membanggakan di Sukabumi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement