Sabtu 01 Sep 2018 00:07 WIB

Truk Kemanusiaan LAZiS Jateng Bertolak ke Lombok

Dana bersumber dari penggalangan dana maupun barang dari para donatur.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Esthi Maharani
Truk bantuan logistik untuk korban bencana gempa di Lombok
Foto: Republika TV/Havid Al Vizki
Truk bantuan logistik untuk korban bencana gempa di Lombok

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Truk kemanusiaan LAZiS Jateng diberangkatkan menuju Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (31/8). Truk kemanusiaan ini mengangkut berbagai kebutuhan para pengungsi total seberat 20 ton.

Bantuan kemanusiaan tersebut terdiri atas sembako, pakaian baru, alat ibadah, alat mandi, perlengkapan bayi, buku, boneka dan mainan, selimut, terpal, karpet serta beberapa jenis makanan siap saji.

Direktur Utama LAZiS Jateng, Arif Nurhayadi mengatakan, bantuan kemanusiaan untuk korban gempa bumi NTB ini bersumber dari penggalangan dana maupun barang dari para donatur. Baik donatur instansi, komunitas maupun donatur individu.

Sebelumnya LAZiS Jateng telah mengirimkan relawan ke lokasi bencana di Lombok. Masing- masing relawan tahap I (9- 13 Agustus 2018), tahap II (20- 27 Agustus 2018) dan relawantahap III (26- 3 September 2018).

"Bersama bantuan kemanusiaan hari ini, juga diberangkatkan relawan tahap IV. Dengan total sebanyak 11 orang relawan," tambah Arif di sela pelepasan truk kemanusiaan, di Jala Sukun Raya, Banyumanik.

Tim kemanusiaan LAZiS Jateng yang dikirim sebelumnya, telah melaksanakan berbagai macam program. Antara lain pembagian paket sembako, pengadaan dapur umum, penyembelihan hewan kurban, trauma healing dan layanan ambulan.

 

Selain itu juga mendirikan hunian sementara (huntara), melaksanakan pembagian mushaf Alquran serta memberikan layanan kesehatan dan pengobatan kepada para korban.

"Sampai dengan hari ini, total penerima manfaat dari seluruh program LAZiS Jateng sebesar 6.440 jiwa dengan donasi sementara senilai Rp 393.412.824," tandas Arif.

Sementara itu Kabid Prosedur dan Administrasi Kegiatan Manajerial Bidang Dakwah (Penaizawa) Kanwil Kemenag Provinsi Jateng, Drs H Muh Sa’idun MAg mengapresiasi LAZiS Jateng yangvtelah berperan aktif dalam penanganan bencana di Lombok.

Ke depan Kemenag mengharapkan LAZiS Jateng semakin besar dan semakin bermanfaat bagi umat. Sehingga akan semakin banyak cakupan penyaluran zakat yang dihimpun bagi umat yang berhak mendapatkan manfaat.

“Semoga bantuan yang diberikan ini bermanfaat untuk saudara- saudara kita di Lombok dan dapat memberikan dukungan baik material maupun moral kepada mereka yang sedang mengalami musibah," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Forum Zakat Nasional, Nana Sudiana menambahkan,

Dengan bantuan ini , warga Lombok yang saat ini tengah menghadapi bencana  tak perlu cemas dengan apa yang terjadi.

"Karena lembaga kemanusiaan dan lembaga pengelola zakat akan terus berusaha melakukan yang terbaik untuk membantu para korban sesuai dengan kapasitas dan kemampuan yang ada," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement