Rabu 29 Aug 2018 14:15 WIB

Jokowi Tinjau Pemanfaatan Dana Desa di Sleman

Masyarakat membangun saluran irigasi sepanjang 350 meter untuk mengairi sawah

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Esthi Maharani
Sejumlah warga bergotong royong membangun saluran irigasi / Ilustrasi
Foto: ANTARA FOTO
Sejumlah warga bergotong royong membangun saluran irigasi / Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau pemanfaatan dana desa di Desa Sendangtirto, Kabupaten Sleman, Rabu (29/8). Di desa tersebut, masyarakat membangun saluran irigasi dari Bendung Klontongan sepanjang 350 meter untuk mengairi sawah-sawah para petani. Pembangunan tersebut dilakukan menggunakan dana desa tahun anggaran 2018 sebesar Rp192.414.000.

"Ini mampir ke kegiatan yang berhubungan dengan dana desa. Kegiatan pembangunan irigasi di sini saya kira juga sangat baik, dikerjakan sendiri oleh warga," ujar Jokowi, dikutip dari siaran resmi Istana.

Selain itu, Jokowi juga memastikan proses laporan pertanggungjawaban penggunaan anggaran dana desa oleh pemerintah daerah setempat. "Saya ingin mengontrol saja lancar atau tidak dan sulit tidaknya pertangungjawabannya," ucapnya,

Saat peninjauan, Jokowi ingin agar saluran irigasi yang sedang dibangun warga diperpanjang hingga mencukupi kebutuhan. Ia berharap pembangunan infrastruktur tersebut segera rampung sehingga dapat meningkatkan produktivitas masyarakat desa.

"Pengembangan ekonomi di desa lebih dibesarkan kalau nanti infrastruktur berupa jalan, irigasi, embung, juga yang diperlukan (selesai). Banyak sekali sebetulnya yang sudah berpuluh tahun tidak pernah diselesaikan. Persoalan kecil tapi sangat fundamental di sebuah desa. Penting untuk menaikkan produktivitas yang ada di desa," kata Jokowi.

Desa Sendangtirto tak hanya memanfaatkan dana desa untuk pembangunan saluran irigasi, namun juga pembangunan infrastruktur lainnya. Seperti pengerjaan jalan di Dusun Jetak sepanjang 126 meter, Dusun Gandu sepanjang 180 meter, Dusun Kadipolo sepanjang 112 meter, Dusun Tampungan-Gamelan sepanjang 185 meter, dan pembangunan talud irigasi Sembung-Minggiran sepanjang kurang lebih 270 meter.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Rabu (29/8) pagi ini dengan sejumlah agenda. Selain meninjau pemanfaatan dana desa, Jokowi diagendakan menghadiri Peresmian Pembukaan Mahasabha (Kongres Nasional XI) Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI).

Dalam kunjungan kerja ini, Jokowi didampingi oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi M Nasir, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda Trisno Hendradi, dan Komandan Paspampres Mayjen TNI (Mar) Suhartono.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement