Ahad 26 Aug 2018 19:15 WIB

PT KAI Daop 5 Remajakan Gerbong KA Sawunggalih

Terjadi perubahan kapasitas tempat duduk.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Yusuf Assidiq
Suasana stasiun.
Foto: Yusuf Assidiq
Suasana stasiun.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO – Dalam upaya meningkatkan pelayanan pada masyarakat pengguna jasa angkutan KA, PT KAI Daop 5 Purwokerto, Jawa Tengah, melakukan peremajaan gerbong KA Sawunggalih relasi Kutoarjo-Pasar Senen. Selain peremajaan,  juga dilakukan perubahan stamformasi.

Dari penjelasan Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Supriyanto, Sabtu (25/8), gerbong baru yang ada pada rangkaian KA Sawunggalih akan mulai dioperasikan pada Senin (27/8). Rangkaian KA Sawunggalih Pagi yang semula terdiri dari dua gerbong KA eksekutif dan enam gerbong kelas bisnis, berubah menjadi dua gerbong KA eksekutif baru dan lima gerbong KA premium.

“Sedangkan rangkaian KA Sawunggalih Malam yang semula menggunakan delapan gerbong kelas bisnis, berubah menjadi dua gerbong KA eksekutif baru dan lima gerbong KA premium,” ujarnya.

Dikatakan, dengan perubahan gerbong tersebut, maka terjadi perubahan kapasitas tempat duduk. KA Sawunggalih pagi yang semula memiliki kapasitas 100 tempat duduk KA eksekutif dan 384 penumpang bisnis, menjadi 100 penumpang bisnis dan 400 penumpang kelas premium.

Begitu juga dengan KA Sawunggalih malam, yang semula 512 penumpang kelas bisnis, berubah menjadi 100 penumpang kelas eksekutif dan 400 penumpang kelas premium. Sedangkan mengenai jadwal perjalanan, dia menyebutkan, untuk jadwal keberangkatan kedua KA itu dari stasiun awal tidak mengalami perubahan.

KA Sawunggalih pagi berangkat dari Stasiun Kutoarjo pukul 07.00 WIB dan tiba di Stasiun Pasar Senen pukul 14.18 WIB. Sedangkan KA Sawunggalih malam berangkat dari Stasiun Kutoarjo pukul 19.00 WIB dan tiba di Stasiun Pasar Senen pukul 02.17 WIB.

Sedangkan yang berangkat dari Pasar Senen, KA Sawunggalih Pagi berangkat pukul 08.15 WIB dan tiba di Stasiun Kutoarjo 15.19 WIB. KA Sawunggalih malam berangkat pukul 18.30 WIB dan tiba di Stasiun Kutoarjo pada pukul 01.44 WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement