Jumat 24 Aug 2018 00:09 WIB

Sekjen PKB: Hubungan Kiai Ma'ruf dan Habib Rizieq Baik

Jika pertemuan itu terjadi, tak menutup kemungkinan jadi jembatan Jokowi-Rizieq.

Rep: Bayu Adji Prihammanda/ Red: Muhammad Hafil
Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Kadir Karding
Foto: Republika TV/Havid Al Vizki
Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Kadir Karding

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Kadir Karding mengatakan, hubungan antara bakal calon wakil presiden (cawapres) KH Ma'ruf Amin dengan Habib Rizieq Shibab baik-baik saja. Karena itu, tidak masalah jika ketika menunaikan ibadah haji di Arab Saudi, Kiai Ma'ruf menemui Rizieq.

"Saya tidak tahu kalau pengen, tapi kalau ketemu itu kan gak ada masalah, andai ketemu. Sesama Muslim," kata dia di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (23/8).

Menurut dia, jika pertemuan itu terjadi, tidak menutup kemungkinan dapat menjadi jembatan hubungan calon presiden (capres) pejawat Joko Widodo (Jokowi) dan Habib Rizieq yang selama dianggap berseberangan. Pasalnya, kata dia, dalam Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) 2019 semua pihak harus didekati.

"Hubungan Kiai Ma'ruf dengan Rizieq dari dulu bagus kan. Tidak ada masalah," kata Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf itu.

Meski begitu, ia tak bisa mau berspekulasi kemungkinan Habib Rizieq akan merapat mendukung Jokowi. "Saya gak ngerti, karena saya gak dekat dengan Habib Rizieq," kata dia.

Sebelumnya, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar mengatakan, ada kemungkinan Kiai Ma'ruf bertemu dengan Habib Rizieq ketika menjalankan ibadah haji. Namun, pria yang kerap disapa Cak Imin itu tak bisa memastikan kepastian pertemuan tersebut.

"Kita doakan, insya Allah ketemu. Agendanya? Orang ketemu kok ditanya, ya silaturahim," kata dia, Selasa (14/8).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement