Selasa 21 Aug 2018 19:40 WIB

Peternak Lamongan Bangga Sapinya Dibeli Presiden

Sapi tersebut adalah sapi peranakan ongole dengan berat 1,05 ton.

Sapi kurban
Foto: Darmawan/Republika
Sapi kurban

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Peternak asal Desa Takerharjo, Kecamatan Solokuro, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, Sawiyan, mengaku bangga sapi miliknya dibeli Presiden Joko Widodo, atau akrab disapa Jokowi. Ternak sapinya itu dibeli Presiden Jokowi untuk keperluan kurban Hari Raya Idul Adha.

"Ini sapi juara. Setiap tahun memenangkan kontes kecantikan sapi," ujarnya kepada wartawan di Surabaya, Selasa (21/8) sembari menunjukkan sapinya yang berukuran besar berwarna putih dan tampak bersih terawat. Dia mengatakan sapi setinggi 152 sentimeter dan panjang 170 sentimeter itu berumur 4,5 tahun. "Ini jenis Peranakan Ongole. Beratnya 1.050 kilogram atau 1,05 ton," ucapnya.

Pria paruh baya itu mengungkapkan, sapi dengan bobot sebesar itu di pasaran harganya berkisar antara Rp 80 hingga 90 juta. Namun khusus untuk Presiden Jokowi, dia melepasnya seharga Rp 56 juta. "Karena saya senang yang beli adalah presiden. Senang banget, sehingga saya kasih harga murah," katanya.

Sapi sumbangan Presiden Jokowi itu hari ini tiba di Masjid Agung Al Akbar Surabaya. Sawiyan sendiri yang mengantarkannya menggunakan kendaraan mobil bak terbuka.

Kepala Hubungan Masyarakat Masjid Agung Al Akbar Surabaya Helmy M Noor mengatakan Jokowi setiap Hari Raya Idul Adha selama menjabat presiden memang selalu rutin menyumbangkan sapi kurban di masjid yang disebut terbesar kedua di Indonesia, setelah Masjid Istiqlal di Jakarta itu. "Sapi ini luar biasa bagus, seperti yang anda lihat warnanya putih bersih," ujarnya.

Penyembelihan hewan kurban di Masjid Agung Al Akbar Surabaya, lanjut Helmy, akan digelar pada H+1 Idul Adha, yaitu Kamis, 23 Agustus. "Penyembelihan hewan kurban di Masjid Agung Al Akbar Surabaya nanti, selain sapi dari Pak Jokowi, juga ada juga dari Pak Gubernur, Wakil Gubernur, serta pejabat Forkopimda Jatim lainnya. Insya Allah yang paling besar, bersih dan kokoh adalah punyanya Pak Jokowi," ucapnya. 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement