Jumat 10 Aug 2018 13:44 WIB

TNI AU Turunkan Bantuan di Lanud ZAM untuk Korban Gempa

Dropping bantuan yang diturunkan di Lanud ZAM memberikan kemudahan akses.

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Agus Yulianto
Bantuan logistik dari TNI Angkatan Udara (AU) tiba di Lanud TGKH Zainudin Abdul Madjid (ZAM), Mataram, NTB pada Kamis (9/8).
Foto: Republika TV/Wisnu Aji Prasetiyo
Bantuan logistik dari TNI Angkatan Udara (AU) tiba di Lanud TGKH Zainudin Abdul Madjid (ZAM), Mataram, NTB pada Kamis (9/8).

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Bantuan logistik dari TNI Angkatan Udara (AU) tiba di Landasan Udara (Lanud) TGKH Zainudin Abdul Madjid (ZAM) dengan menggunakan hercules di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Kamis (9/8).

Komandan Lanud TGKH Zainudin Abdul Madjid (ZAM) Kolonel Nav Budi Handoyo mengatakan, bantuan yang datang berupa makanan, obat-obatan, genset, tenda, terpal, penjernih air, popok bayi, air mineral, hingga tandu untuk korban gempa Lombok yang masih berada di pengungsian.

"Bantuan ini kita serahkan kepada pemerintah daerah (NTB) agar proses distribusi bisa tepat sasaran," ujar Budi di Lanud ZAM, Mataram, NTB, Kamis (9/8).

Budi menyampaikan, proses pengiriman bantuan akan terus dilakukan guna meringankan beban warga Lombok yang tengah menderita akibat gempa.

"Jumlah bantuan per hari sekitar 100 ton sampai 150 ton kita drop, dengan 10 sampai 12 sortie penerbangan," lanjutnya. 

Gubernur NTB terpilih, Zulkieflimansyah mengaku, bersyukur atas masifnya bantuan yang datang, termasuk dari TNI AU. Dia menilai, dropping bantuan yang diturunkan di Lanud ZAM memberikan kemudahan akses karena letaknya yang lebih dekat dengan lokasi terdampak.

"Di sini lebih dekat ke Lombok Utara dan Lombok Barat yang terdampak gempa, ketimbang di Bandara Internasional Lombok yang cukup jauh," katanya menambahkan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement