Selasa 07 Aug 2018 22:10 WIB

Bone Bolango Tuan Rumah World Cleanup Day

World Cleanup Day dilaksanakan pada tanggal 15 September 2018.

Sejumlah warga bermain bersama Hiu Paus (Shark Whale) di Desa Botu Barani, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Rabu (6/4).
Foto: Antara/Adiwinata Solihin
Sejumlah warga bermain bersama Hiu Paus (Shark Whale) di Desa Botu Barani, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Rabu (6/4).

REPUBLIKA.CO.ID, GORONTALO -- Kabupaten Bone Bolango akan menjadi tuan rumah peringatan "World Cleanup Day" (WCD) di Provinsi Gorontalo. Peringatan ini rencananya digelar 15 September mendatang.

Leader WCD Provinsi Gorontalo, Gabrina Uduala, Selasa mengatakan, kegiatan World Cleanup Day merupakan satu kegiatan sosial yang melibatkan 150 negara dan 34 provinsi yang ada di Indonesia.

Ia menjelaskan, World Cleanup Day merupakan organisasi yang peduli tentang isu-isu persampahan. World Cleanup Day diinisiasi oleh Alumni Lests do it! World di Thailand pada tahun 2016.

"Tahun ini World Cleanup Day akan dilaksanakan secara serentak pada tanggal 15 September 2018. Satu kebanggaan untuk kita, jika kita bisa ikut bersama-sama dengan 150 negara lainnya dalam kegiatan WCD ini. Sebab menjaga alam kita untuk bersih dari masalah sampah adalah tanggung jawab kita bersama," ujarnya.

Dia menambahkan, untuk kegiatan World Cleanup Day di Gorontalo tahun 2018, akan dilaksanakan pada tanggal 15 September 2018 dan dipusatkan di Kecamatan Suwawa, Bone Bolango.

"Kecamatan Suwawa sengaja kami pilih, karena kami mendapatkan informasi bahwa di kecamatan ini Camatnya sangat mendukung kegiatan-kegiatan tentang lingkungan. Makanya kami berusaha masuk di Kecamatan Suwawa untuk bisa bekerja sama dalam rangka menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat," kata dia.

Pada prinsipnya, lanjut dia, WCD Gorontalo akan fokus memerhatikan kecamatan-kecamatan yang sudah merutinkan kegiatan yang berbau lingkungan. Seperti kegiatan bersih-bersih lingkungan di Kecamatan Suwawa ini.

"Jika ada yang hal-hal yang dibutuhkan oleh Kecamatan Suwawa, kami dari WCD siap akan memberikan bantuan sebagai dukungan terhadap kegiatan-kegiatan bersih-bersih lingkungan yang rutin dilaksanakan setiap minggunya," ujarnya.

Sementara itu, Camat Suwawa Achril Y. Babyonggo mengatakan, bahwa pemerintah kecamatan dan masyarakat setempat siap mendukung dan menyambut baik pelaksanaan kegiatan WCD tingkat Provinsi Gorontalo di wilayahnya.

"Kami siap mendukung kegiatan WCD di Bonebol yang dipusatkan di Kecamatan Suwawa pada tanggal 15 September 2018 mendatang," ucapnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement