Selasa 07 Aug 2018 13:54 WIB

KPU: Kedatangan 9 Sekjen Koalisi Jokowi Bahas Pencapresan

Para sekjen parpol koalisi Jokowi rencananya tiba di KPU pukul 14.00 WIB.

Rep: Dian Erika Nugraheny/ Red: Ratna Puspita
Komisioner KPU Wahyu Setiawan
Foto: Republika/Dian Erika Nugraheny
Komisioner KPU Wahyu Setiawan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Wahyu Setiawan, mengatakan kedatangan sembilan sekretaris jenderal (sekjen) parpol koalisi pendukung Joko Widodo (Jokowi) untuk membahas pencalonan presiden. Para sekjen parpol tersebut rencananya tiba di KPU pukul 14.00 WIB. 

"Semalam ada komunikasi bahwa para sekjen yang tergabung dalam paprol koalisi pendukung salah satu bakal capres itu akan hadir ke KPU dalam rangka silaturahim dan dan membicarakan soal pencalonan (capres)," kata Wahyu kepada wartawan di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (7/8). 

Dia melanjutkan, belum mengetahui secara pasti agenda lain yang akan dibicarakan pada Selasa siang. “Akan tetapi, dugaan kami ya terkait dengan rencana pendaftaran capres-cawapres. Namun, tidak menutup kemungkinan akan dibahas soal lain yang berkaitan dengan Pemilu 2019," tegas Wahyu. 

Dia menambahkan, selain sembilan sekjen, belum ada pihak lain yang melakukan komunikasi dengan KPU soal pendaftaran capres. Hingga Selasa siang, belum ada informasi tentang kapan para bakal capres-cawapres akan mendaftar secara resmi ke KPU. 

Hari ini, pendaftaran capres-cawapres sudah memasuki hari keempat. Pendaftaran ini dibuka sejak Sabtu (4/8). Pendaftaran capres-cawapres dibuka selama tujuh hari dan akan berakhir pada Jumat (10/8) pukul 24.00 WIB.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto, mengatakan sembilan orang sekjen parpol koalisi pendukung Joko Widodo (Jokowi) berencana mendatangi Kantor KPU, pada Selasa (7/8). Dia melanjutkan, dipilih waktu jam dua siang sebagai simbol untuk Jokowi dua periode. 

Kendati demikian, koalisi belum mau menyampaikan agenda untuk pertemuan tersebut. "Agendanya apa ? Masih rahasia," kata dia.

Terpisah, Sekjen NasDem, Johnny G Plate juga menyampaikan hal serupa. Menurut Johnny, agenda pertemuan itu sebelumnya telah disampaikan kepada Ketua KPU, Arief Budiman. "Soal agendanya apa? Menurut KPU boleh disampaikan saat pertemuan besok," ujarnya. 

Johnny tidak mengonfirmasi apakah kedatangan sembilan sekjen ke KPU untuk kepentingan konsultasi pendaftaran Jokowi sebagai capres atau untuk mendaftarkan Jokowi sebagai capres. “Tunggu besok saja.”

Pada Senin malam, sembilan sekjen parpol koalisi pendukung Jokowi mengadakan pertemuan untuk membahas finalisasi tim kampanye, visi-misi, dan konsep Nawacita II. Sembilan orang tersebut yakni Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Sekjen Golkar Lodewijk Frederick, Sekjen NasDem Johnny G Plate, Waketum PPP Arwani Thomafi yang mewakili Sekjen PPP Arsul Sani, Sekjen Hanura Herry Lontung Siregar, Sekjen PKPI Verry Surya Hendrawan, Sekjen PSI Raja Juli Antoni, Sekjen PKB Abdul Kadir Karding dan Sekjen Perindo Ahmad Rofiq. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement