Kamis 26 Jul 2018 18:46 WIB

Kawasan Hutan Toba Samosir Terbakar, Api Belum Padam

Kawasan hutan Toba Samosir yang terbakar diprediksi mencapai 50 hektare.

Rep: Issha Harruma/ Red: Nur Aini
Kebakaran hutan/ilustrasi
Foto: wikimedia
Kebakaran hutan/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, TOBA SAMOSIR -- Kawasan hutan seluas 50 hektare di kecamatan Balige, kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Sumut, terbakar. Kebakaran terjadi sejak Rabu (25/7) dan hingga kini belum bisa dipadamkan.

Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Wilayah IV Balige, Leonardo Sitorus mengatakan, kebakaran terjadi sejak Rabu (25/7) pukul 23.30 WIB. Api menjalar dengan cepat karena angin kencang dan daun-daun yang kering di hutan tersebut.

"Saya prediksi 40 sampai 50 hektare yang terbakar sekarang," kata Leonardo, Kamis (26/7).

Leonardo mengatakan, pihaknya belum mengetahui penyebab kebakaran tersebut. Dia juga enggan berspekulasi mengenai kemungkinan kawasan hutan tersebut sengaja dibakar.

"Untuk penyebab sedang diselidiki pihak kepolisian, Polres Tobasa. Kami belum bisa memprediksi karena lagi ditangani kepolisian," ujar dia.

Mengenai kebakaran itu, Leonardo mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan seluruh stakeholder terkait untuk mengatasinya. Sejumlah mobil pemadam kebakaran, mobil tangki air, dan racun api telah diturunkan. Ada sekitar seratus petugas yang dikerahkan untuk pemadaman. "Kami juga dibantu masyarakat sekitar," kata Leonardo.

Tak hanya itu, Leonardo mengatakan, mereka juga sudah berkoordinasi dengan kementerian untuk melakukan water bombing. Pemadaman api dari udara itu kemungkinan akan mulai dilakukan besok.

"Prediksi sampainya besok karena posisinya masih berada di Riau dan baru berangkat hari ini," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement