Senin 23 Jul 2018 01:30 WIB

Dirjen PAS: Fuad Amin Dirawat di Rumah Sakit

Dirjen PAS membenarkan Fuad Amin menjalani perawatan di rumah sakit.

Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Sri Puguh Budi Utami (tengah)
Foto: Antara/Idhad Zakaria
Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Sri Puguh Budi Utami (tengah)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM (Dirjen PAS Kemenkumham) Sri Puguh Budi Utami membenarkan narapidana kasus korupsi dana APBD Kabupaten Bangkalan, Fuad Amin, tengah dirawat di Rumah Sakit Borromeus, Bandung, Jawa Barat. Sementara Tubagus Chaeri Wardana (Wawan) telah kembali ke Lapas Sukamiskin setelah menjalani perawatan.

"Fuad Amin muntah darah. Ada di RS Boromeus, dikawal oleh kita dan polisi," ujar Sri di Lapas Sukamiskin, Bandung, Jabar, Ahad (23/7).

Sri menjelaskan, Fuad Amin masuk ke rumah sakit sejak 19 Juli 2018 dan hingga kini masih mendapatkan perawatan. Fuad Amin bersama Tubagus Chaeri Wardana terseret kasus operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap Kalapas Sukamiskin Wahid Husen pada Jumat (20/7) malam.

Saat dilakukan OTT, sel Fuad Amin dan Wawan tidak dapat dibuka hingga akhirnya disegel petugas KPK. Sementara untuk Wawan, Sri mengatakan, saat OTT, adik dari Ratu Atut Chosiyah ini juga berada di rumah sakit.

"Namun, saat ini Wawan sudah ada. Dia diam di kamar sebelah, kemarin dia sakit," katanya.

Saat ditanya, mengenai penyakit yang diderita, Sri hanya mengatakan Wawan tengah melakukan pemeriksaan lanjutan. Fuad maupun Wawan telah mendapatkan rekomendasi rujukan dari lapas. "Sudah diperiksa oleh dokter di lapas dan kemudian suratnya diberikan ke kalapas untuk rekomendasi," ucapnya.

Baca juga: 'KPK Geledah Kamar Fuad Amin dan Wawan'

Sebelumnya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan di Lapas Sukamiskin, Jawa Barat, Sabtu (21/7). Dalam OTT itu, KPK menangkap Kepala Lapas Sukamiskin Wahid Husein.

Petugas KPK juga menggeledah sejumlah kamar di Lapas Sukamiskin, diantaranya yang dihuni oleh Fuad Amin dan Tubagus Chaeri Wardana (Wawan). Namun, keduanya sedang tidak berada di dalam lapas saat operasi senyap digelar.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Ditjen PAS Liberty Sitinjak menjelaskan bahwa keduanya pergi ke rumah sakit. "Wawan sudah kembali ke selnya. Sedangkan untuk Fuad Amin masih dalam perawatan di rumah sakit," katanya dalam keterangan pers yang diterima Republika.co.id, Ahad (22/7).

Liberty menjelaskan, Fuad Amin statusnya masih dalam rawat inap di rumah sakit. Dari hasil pendalaman, Fuad mengalami muntah darah. Ia mengatakan, keduanya sudah difoto dan ada datanya. "Data-data itu akan didalami dan diberikan kepada Itjen Kemenkumham untuk dilakukan pendalaman lagi," ujarnya.

Terkait kabar yang mengatakan keduanya diduga pelesiran, Liberty mengatakan, belum ditemukan indikasi tersebut.

Baca juga: Ditjen PAS Klarifikasi Dugaan Pelesir Fuad Amin dan Wawan

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement