Jumat 20 Jul 2018 12:14 WIB

Alisson Becker dan Tim di Balik Belanja Fantastis Liverpool

Pembelian Alisson Becker oleh Liverpool memecahkan rekor dunia harga seorang kiper.

Kiper baru Liverpool, Alisson Becker.
Foto: liverpoolfc.com
Kiper baru Liverpool, Alisson Becker.

REPUBLIKA.CO.ID, Liverpool telah resmi mendapatkan kiper asal Brasil, Alisson Becker, dari AS Roma. Seperti dikutip Reuters, Kamis (Jumat dini hari WIB), Liverpool sudah mencapai kesepakatan harga 84 juta dolar AS untuk mendapatkan kiper berusia 25 tahun itu. Nilai itu memecahkan rekor harga seorang kiper sebelumnya senilai 53 juta dolar AS milik Gianluigi Buffon.

Alisson mencatatkan 17 clean sheets (tak kebobolan) dari 37 penampilan bersama AS Roma sapanjang musim lalu. Ia pun ikut mengantar klub Serie A Italia itu mencapai semifinal Liga Champions, sebelum kemudian disingkirkan Liverpool.

Alisson juga menjadi kiper utama Brasil, menyisihkan Ederson (Manchester City), dalam seluruh lima laga Piala Dunia 2018 Rusia sebelum langkah Tim Samba terhenti di perempat final setelah ditaklukkan Belgia.

"Saya benar-benar gembira, merupakan impian yang menjadi kenyataan untuk mengenakan kaus prestisius untuk klub seukuran ini, yang terbiasa untuk selalu menang," kata Alisson.

Manajer Liverpool Juergen Klopp berkata peluang untuk "merekrut salah satu kiper terbaik di dunia" terlalu bagus untuk dilewatkan. "Pada satu titik dalam beberapa pekan terakhir, peluang untuk merekrut salah satu kiper terbaik dunia, maka tidak perlu berpikir lama, sejujurnya, Anda hanya perlu melakukan sedikit pembicaraan dengan para pemilik. Mereka benar-benar senang, maka kami melakukannya."

"Menurut saya, ini adalah sesuatu yang harus kami lakukan. Kami tidak bermasalah dengan harga, kami tidak ada urusan dengan harga, itulah bursa, itulah bagaimana hal itu berjalan, dan kami tidak akan banyak memikirkannya," kata Klopp menambahkan.

Direktur Olahraga AS Roma Monchi sebelumnya mengatakan, melepas Allison adalah keputusan sulit bagi klub Italia tersebut. Setahun sebelumnya, Roma juga menjual Mohamed Salah ke Liverpool.

"Ini sulit ketika Anda adalah direktur olahraga. Kami menerima tawaran yang signifikan untuk Alisson dan kami mengevaluasinya," ujar Monchi kepada para pewarta.

Alisson adalah bintang rekrutan keempat Liverpool pada bursa transfer musim panas Eropa tahun ini setelah Fabinho, Naby Kieta, dan Xherdan Shaqiri. Liverpool juga dikabarkan terus memburu tanda tangan kontrak gelandang serang Olympique Lyon, Nabil Fekir.

Pembelian para bintang dengan nilai yang tinggi itu menjadikan Liverpool sebagai klub Liga Primer Inggris yang paling aktif di bursa transfer. Sejak kedatangan Juergen Klopp ke Anfield tiga tahun silam, Liverpool menjadi klub papan atas yang banyak membeli pemain dengan jumlah total transfer yang terbilang fantastis.

Duet Klopp-Edwards

Seperti dilaporkan Liverpool Echo, Rabu (18/7), pada 12 bulan terkahir, manajemen the Reds berpikir, beraksi, dan berbisnis seperti klub besar. Target mereka adalah kesepakatan besar, rumor transfer yang minim, dan hasil maksimal Klopp bersama Direktur Olahraga Liverpool Michael Edwards menjadi dua otak dan pengambil keputusan utama di bursa transfer. Keputusan-keputusan mereka didukung penuh oleh pemilik klub, Fenway Sports Group (FSG).

Khusus Michael Edwards, dialah orang yang bergerilya di pasar transfer pemain top dunia. Sejak ditunjuk sebagai direktur olahraga pada November 2016, pria berusia 38 tahun itu adalah kunci di balik sukses kesepakatan-kesepakatan transfer Liverpool mendapatkan pemain yang diinginkan Klopp.

Edwards adalah bekas pesepak bola profesional meski kariernya mentok di Peterborough. Ia kemudian meniti karier sebagai pencari bakat di Portsmouth pada 2003, setelah meraih gelar sarjana manajemen bisnis dari Universitas  Sheffield.

Di skuat Pompey, dia bertugas sebagai analis, bekerja bersama manajer Harry Redknapp. Edwards kemudian hijrah ke Tottenham pada 2009, juga bekerja sebagai analis sebelum akhirnya pindah ke Liverpool dua tahun kemudian.

Edwards tak cocok bekerja bersama pelatih Liverpool sebelum Klopp, Brendan Rodgers. Namun, kini dia dipercaya oleh Klopp untuk tugas-tugas detail proses transfer mulai dari identifikasi pemain incaran, melobi agen pemain, bernegosiasi dengan klub lain, dan aktif dalam jaringan pencari bakat internasional.

Intinya, Edwards mengerjakan semua detail proses pembelian pemain incaran Klopp sebelum menyerahkan transaksi kepada bos FSG, Peter Moore.

Rentetan transfer fantastis

Hal yang pertama tentunya kedatangan Mohamed Salah pada Juni tahun lalu dari Roma dengan nilai transfer 36,9 juta pound. Meski Salah awalnya dinilai sebagai perjudian awal Klopp, striker asal Mesir itu membuat dunia sepak bola tercengang dengan rekor 44 gol pada musim pertamanya bersama Liverpool.

Rekrutan lainnya dua bulan kemudian adalah Alex Oxlade-Chamberlain, yang bergabung dari Arsenal dengan nilai transfer 35 juta sampai 40 juta pound. Setelah sempat melalui awal musim yang sulit, Oxlade-Chamberlain kemudian nyetel dan menjadi bagian penting dari bagian skema permainan Klopp yang menuntut kerja keras pemain lini tengah.

Oxlade-Chamberlain berada dalam permainan terbaiknya sebelum akhirnya cedera lutut pada laga kontra AS Roma di Liga Champions bulan lalu, membuatnya harus menepi. Di Liverpool, Oxlade-Chamberlain kembali bersinar setelah dipercaya Klopp menempati posisi idealnya sebagai gelandang serang tengah.

Setelah itu ada nama Naby Keita dari RB Leipzig. Khusus Keita, Liverpool harus menunggu hingga 11 bulan sebelum pamain asal Guinea itu tiba di Anfield. The Reds membayar mahar 52,75 juta pound untuk Keita.

photo
Naby Keita [sumber: liverpoolfc.com]

Januari 2018 menjadi saat di mana Virgil van Dijk resmi berkostum Liverpool. Saat dibeli Liverpool dengan nilai 75 juta pound dari Southampton, Van Dijk menjadi bek termahal di dunia. Van Dijk menjadi kunci bek tengah Liverpool yang membantu skuat asuhan Klopp mencapai laga final Liga Champions.

Tak lama setelah musim 2017/2018 berakhir, Liverpool mendapatkan Fabinho dari AS Monaco. Gelandang asal Brasil itu dibeli dengan nilai transfer 39,3 juta pound.

Fabinho dipercaya akan bisa menggantikan peran gelandang bertahan yang posnya ditinggalkan Emre Can ke Juventus. Dia adalah pemain yang telah lama diincar oleh Manchester United, tetapi lebih memilih berlabuh ke Anfield.

Pada pekan lalu, bintang timnas Swiss, Xherdan Shaqiri, resmi diumumkan sebagai pemain anyar Liverpool. Liverpool dikabarkan harus merogoh uang sebesar 13 juta pound untuk mendapatkan Shaqiri dari Stoke City.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement