Jumat 20 Jul 2018 01:01 WIB

Emil Ingin Bawa Program Kredit Mesra Kota Bandung ke Jabar

Ridwan Kamil juga ingin masjid yang sudah kerja sama ditingkatkan menjadi 300 masjid

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Bilal Ramadhan
Calon Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil
Foto: Republika TV/Fakhtar Khairon
Calon Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menyebutkan program kredit Mesjid Sejahtera (Mesra) yang dimiliki Kota Bandung sangat bermanfaat bagi masyarakat. Ridwan mengutarakan niatnya ingin membuat program Kredit Mesra bisa dimanfaatkan bukan hanya untuk warga Kota Bandung tapi juga Jawa Barat.

"Saya tantang tadi BPR (Bank Perkreditan Rakyat), apakah siap untuk mengkreditmesrakan se-Jawa Barat," kata Ridwan usai rapat dengan perwakilan BPR baru-baru ini.

Ia menuturkan Kredit Mesra sangat membantu masyarakat  yang membutuhkan pendanaan. Kredit ini diutamakan menyasar pada lingkungab di sekitar mesjid melalui DKM.

Menurut Emil, sapaan Ridwan, Jawa Barat sangat luas dan mayoritas penduduknya beragama Islam. Dengan kondisi wilayah yang luas dan masyarakat yang banyak itulah maka diharapkan Kredit Mesra bisa membantu menjangkau hingga ke pelosok.

"Salah satu komitmen saya agar warga Jawa Barat yang di gunung-gunung jauh di desa enggak perlu ke kota, tantangan mereka adalah digital, bisa nggak DKMnya bisa berkomunikasi membantu transaksi via digital," tutur Emil.

Emil mengatakan skema penyaluran kredit bisa melalui penyertaan modal langsung oleh BPR. Ataupun bisa bekerjasama dengan lembaga perbankan lainnya sebagai pemodal dan BPR sebagai yang mengoperasionalkan penyalurannya.

Ia mencontohkan program ini bisa dikerjasamakan dengan Bank BJB yang memiliki aset besar untuk membantu kesejahteraan warga Jawa Barat. Ia menilai BPR Kota Bandung mampu untuk menyalurkan Kredit Mesra ke seluruh warga Jawa Barat. Setelah program ini sukses dijalankan di Kota Bandung.

"Kalau tidak salah hampir Rp 60 miliar (penyaluran kredit mesra) sudah tersalurkan rata-rata Rp 1 juta-Rp 2.5 juta. Permintaan masih banyak, masjid yang sudah kerja sama sudah 50-an masjid, saya minta 300-an masjid, satu kelurahan dua masjid," ujar Emil.

Ia pun meminta PD BPR Kota Bandung agar tetap fokus membantu pengembangan usaha kecil menengah bagi nasabahnya. Sebab, sejumlah program unggulan PD BPR Kota Bandung telah terbukti mampu membantu keberlangsungan hidup masyarakat.

Selain Kredit Mesra, ia menyebut produk unggulan PD BPR Kota Bandung lainnya yakni  Kredit Melati (Kredit Melawan Rentenir) dan Kredit Bagja (Kredit Bangun Keluarga Sejahtera). Warga Kota Bandung telah menerima manfaat program tersebut.

“Sudah lebih dari 16 ribu warga Kota Bandung tertolong hidupnya oleh kredit yang basisnya sangat mudah proses dan persyaratannya. Kredit Melati kemudian Mesra dan Bagja dengan NPL Non Performing Loan (NPL) atau kredit bermasalahnya kurang dari 5 persen,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement