Rabu 18 Jul 2018 16:11 WIB

Jokowi Ajak Zohri Keliling Istana Bogor

Jokowi berpesan agar Zohri gigih berlatih dan mempertahankan prestasinya.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Teguh Firmansyah
Presiden Jokowi mengundang Lalu Muhammad Zohri, sprinter juara dunia U20 di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (18/7).
Foto: Republika/Dessy Suciati Saputri
Presiden Jokowi mengundang Lalu Muhammad Zohri, sprinter juara dunia U20 di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (18/7).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengundang peraih medali emas kejuaraan dunia atletik IAAF U-20 di Finlandia, Lalu Muhammad Zohri di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (18/7). Jokowi pun kemudian mengajak atlet lari tersebut berkeliling Istana menggunakan mobil golf atau boogie menuju halaman belakang Istana.

Jokowi dan Zohri lalu  berjalan kaki dan berbincang berdua. Jokowi menanyakan berbagai hal kepada Zohri.  "Tadi saya ajak muter dikit," kata Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Kepada Zohri, Jokowi pun berpesan agar gigih untuk berlatih dan mempertahankan prestasi yang telah diraihnya. Ia juga menyinggung persiapan menjelang Asian Games 2018.

photo
Atlet Athletik Indonesia Lalu Muhammad Zohri menerima bonus yang diberikan olej Menteri pemuda dan olaharaga Indonesia Imam Nahrawi saat tiba di Indonesia dari Finlandia di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang,Banteng,Selasa (17/7).

Zohri mengungkapkan atlet yang ikut bertanding di Asian Games merupakan senior yang berbeda dengan dirinya. Meskipun demikian, Zohri berjanji akan terus berupaya keras melakukan yang terbaik.

"Tapi sekali lagi, itu bukan di U-20, pelari-pelari senior, meskipun di tingkat Asia, bukan enteng. Yang berat itu Jepang, Cina, Qatar. Berat-berat, tapi Zohri akan berusaha sekuat mungkin, mempersiapkan diri," lanjut Jokowi.

Baca Juga: Lalu Zohri Mau Banget Ketemu Pak Presiden.

Terkait bantuan renovasi rumah Zohri di kampung halamannya, Presiden mengatakan akan segera dilakukan. Sebab ia telah memerintahkan timnya untuk langsung mengecek lokasi tempat tinggal Zohri.

Sementara itu, Zohri mengaku terkesan dengan ajakan Presiden untuk berkeliling Istana dan mengobrol berdua.  "Saya paling berkesan diajak keliling di Istana, luar biasa, diajak obrol-obrol. Lihat kuda, kambing, ikan," ujarnya.

Baca Juga:PASI Minta Zohri tak Diundang ke Banyak Acara Seremonial.

Sebagai atlet muda, ia mengatakan mendapatkan pesan khusus dari Presiden. Yakni agar selalu memberikan penampilan yang terbaik terutama di Asian Games, semangat dan gigih berlatih, dan juga rendah hati.

Berdasarkan pantauan, saat mengajak Zohri berkeliling, Jokowi tampak mengenakan jaket berlogo Asian Games 2018. Sedangkan Zohri mengenakan jaket dan seragam atlet Indonesia berwarna merah dan putih.

Lalu Muhammad Zohri, berhasil keluar menjadi juara di Kejuaraan Dunia Atletik U-20. Turun di kelas paling bergengsi 100 meter pria, Lalu berhasil unggul dari lawan-lawannya yang lebih diunggulkan.

Baca Juga: Secepat Kilat Larinya Zohri, Ada Bob Hasan di Belakangnya

Lalu berhasil mencatatkan waktu tercepat 10.18 detik. Dia berhasil mengalahkan dua pelari U-20 terbaik Amerika Serikat, Anthony Scwartz dan Eric Harrison yang ada di posisi kedua dan ketiga. Catatan waktu sprinter Tanah Air itu juga sekaligus memecahkan rekornas junior atas namanya sendiri yaitu 10,25 detik.

Prestasi itu membuat Lalu menjadi pemain Indonesia pertama yang berhasil menjuarai ajang tersebut. Hasil ini bagi Lalu Muhammad Zohri merupakan sebuah modal yang baik untuk ajang Asian games 2018.

Baca Juga: Zohri, Bob Hasan, dan Pahlawan Kesiangan

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement