Rabu 18 Jul 2018 01:13 WIB

Menag Lukman Daftar Caleg DPR Dapil Jawa Barat 6

Lukman menjadi menteri Kabinet Kerja keenam yang mendaftar sebagai caleg.

Rep: Dian Erika Nugraheny/ Red: Ratna Puspita
Menteri Agama, Lukman Hakim Syaifuddin
Foto: RepublikaTV/Havid Al Vizki
Menteri Agama, Lukman Hakim Syaifuddin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin maju sebagai caleg DPR dari dapil Jawa Barat 6. Lukman mendaftar caleg dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP). 

Hal itu diungkapkan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) PPP, Arsul Sani, pada konferensi pers usai mendaftarkan caleg DPR di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (17/7). "Dari kader parpol, ada Pak Lukman Hakim Saifuddin yang mendaftar caleg DPR dari dapil Jawa Barat 6 (Kota Bekasi-Kota Depok)," ujar Arsul. 

Ketua Umum PPP Romahurmuziy (Romi) tidak mendaftar sebagai caleg DPR. "Nama beliau tidak termasuk dalam daftar 575 nama caleg DPR yang kami ajukan malam ini," kata Arsul. 

PPP menjadi parpol terakhir yang mendaftarkan caleg DPR pada Selasa. Selain mendaftar caleg dari 80 dapil, PPP juga sudah memenuhi keterwakilan caleg perempuan sebanyak 34,7 persen. 

Baca Juga: Ini Alasan Sejumlah Menteri dari PDIP Ikut Nyaleg

 

photo
Ketua KPU Arief Budiman (kanan) menerima berkas dari Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di KPU, Jakarta, Selasa (17/7). (Republika/Wihdan)

Keenam 

Lukman menjadi menteri Kabinet Kerja keenam yang mendaftar sebagai caleg pada Pileg 2019. Sebelumnya, Ketua DPP PDIP Andreas Pareira, mengatakan ada dua nama menteri kabinet Presiden Joko Widodo yang maju sebagai caleg dari PDIP. 

"Dari eksekutif, yang maju menjadi caleg itu ada Mbak Puan Maharani dan Pak Yasonna Laoly," ungkap Andreas kepada wartawan saat mendaftarkan caleg DPR PDIP di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (17/7).

Tiga lainnya merupakan menteri yang juga anggota Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). "Ada tiga menteri dicalonkan oleh partai. Menaker Hanif Dhakiri, Menpora Imam Nahrawi dan Menteri Desa Eko Putro Sandjojo," ujar Sekjen PKB Abdul Kadir Karding, seusai mendaftarkan caleg PKB di KPU RI, Jakarta, Selasa malam. 

Karding mengatakan para menteri itu akan mengikuti ketentuan terkait pencalegan, termasuk melakukan cuti pada saat kampanye. 

Baca Juga: Jokowi Melarang Beberapa Menteri Jadi Caleg

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement