Selasa 17 Jul 2018 18:57 WIB

Yusuf Supendi Jadi Caleg PDIP, Ini Kata PKS

Politikus PKS menegaskan, Yusuf Supendi sudah tak ada hubungan apa pun dengan PKS.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Bayu Hermawan
Anggota Komisi VI DPR RI Refrizal
Foto: dpr ri
Anggota Komisi VI DPR RI Refrizal

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah tokoh maju sebagai calon anggota legislatif (caleg) dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), salah satunya adalah Yusuf Supendi, yang merupakan salah satu pendiri Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Menanggapi hal itu, anggota Majelis Syuro PKS Refrizal menegaskan, Yusuf Supendi sudah tak ada hubungan apa pun dengan PKS.

Refrizal mengungkapkan, Yusuf memang telah keluar dari PKS sejak lama. Bahkan, sejak Pemilu 2014 lalu, Yusuf juga mendaftar dari Partai Hanura. "Sudah lama dia keluar dari PKS. Sudah sejak dia menjadi anggota dan DPR sudah keluar dari PKS, kan lima tahun lalu juga nyaleg Hanura di Bogor," ujar Refrizal.

Karena itu, ia menegaskan, Yusuf Supendi saat ini tidak ada kaitannya lagi dengan PKS sehingga partainya tak mempersoalkan Yusuf yang kini maju caleg dari PDIP. "Sudah enggak ada, dia juga bukan anggota PKS lagi, sudah lama dia bukan," katanya.

Baca juga: Johan Budi dan Pendiri PKS Yusuf Supendi Nyaleg di PDIP

Ketua DPP PDIP Andreas Pareira membenarkan mantan pendiri PKS Yusuf Supendi juga ikut mendaftar menjadi caleg lewat PDIP. "Iya, benar," kata Andreas kepada wartawan saat mendaftarkan caleg DPR PDIP di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (17/7).

Dia mengatakan, ada dua nama menteri kabinet Presiden Joko Widodo yang maju sebagai caleg dari PDIP. Selain itu, ada sejumlah figur terkenal lain yang juga mendaftar caleg dari PDIP.

"Dari eksekutif, yang maju menjadi caleg itu ada Mbak Puan Maharani dan Pak Yasonna Laoly," ungkap Andreas

Meski demikian, Andreas belum bisa menjelaskan masing-masing dapil para figur tersebut. Menurut Andreas, ada sekitar 25 persen atau sekitar 109 orang caleg pejawat yang kembali mendaftar sebagai caleg DPR dari PDIP.

Jumlah seluruh caleg yang didaftarkan oleh PDIP dalam sistem informasi pencalonan (Silon) KPU sebanyak 498 orang dari 80 dapil di seluruh Indonesia. Lebih lanjut, Andreas menyebut bahwa tidak semua kader PDIP yang saat ini memegang jabatan eksekutif maju sebagai caleg.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung yang juga merupakan kader PDIP tidak maju sebagai caleg. "Mengapa mereka maju sebagai caleg? Dan, ada juga yang tidak. Kalau Pak Presiden (Jokowi) meminta untuk tetap standby di pemerintahan, maka tetap harus standby," tegas Andreas.

PDIP merupakan parpol keempat yang mendaftarkan caleg DPR ke KPU. Sebelumnya, sudah ada Partai Nasdem, PSI, dan Partai Perindo yang mendaftarkan caleg DPR ke KPU.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement