Selasa 17 Jul 2018 17:42 WIB

Polda DIY Siapkan 2.400 Personil Amankan Kirab Obor

Pengamanan diberikan agar pawai berjalan lancar.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq
Kedatangan api Asian Games di Yogyakarta.
Foto: Nico Kurnia Jati.
Kedatangan api Asian Games di Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Kapolda DIY, Brigjen Pol Ahmad Dhofiri, mengaku telah melakukan persiapan pengamanan terhadap rute-rute pawai obor Asian Games. Pengamanan, utamanya akan dilakukan pada Kamis (19/7) lusa.

Ia mengatakan, pengamanan memang termasuk untuk pawai dari Candi Boko menuju Candi Prambanan. Tapi, Dhofiri menekankan, pengamanan utama akan dilakukan saat kirab.

Rencananya, lanjut Dhofiri, pada Kamis (19/7) mendatang pawai obor sudah akan tiba di Keraton Ngayogyakarta. Rutenya, meliputi titik nol, benteng, dan akan dibawa ke Jawa Tengah.

"Kita sudah siapkan hampir 2.400 personel, dan akan ditambah TNI," kata Dhofiri, Selasa (17/7).

Ia mengungkapkan, pengamanan ekstra memang diberikan karena akan banyak masyarakat yang menonton kirab obor Asian Games itu. Karenanya, pengamanan diberikan agar pawai berjalan lancar.

Terkait permintaan agar Kapolda turut membawa obor Asian Games, ia mengaku siap saja jika dibutuhkan. Bahkan, Dhofiri mengaku masih kuat ikut sampai lima kilometer.

"Terserah panitia, sekilo dua kilo saya siap, kalau seperti saya lima kilo masih bisa lah," ujar Dhofiri diselingi candaan.

Sebelum pawai, Api Asian Games akan dibawa ke Candi Bokoharjo, lalu ke Candi Prambanan. Di sana, Api Asian Games akan disatukan dengan Api Abadi dari Mrapen, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement