Senin 09 Jul 2018 17:30 WIB

Risma Ditawari Kerja Sama Saat Kunjungan ke Singapura

Risma menerima penghargaan Lee Kuan Yew World City Prize kategori Special Mention.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Dwi Murdaningsih
Tri Rismaharini
Foto: dok. Republika
Tri Rismaharini

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menghadiri acara World Cities Summit (WCS) 2018 di Singapura pada 7-9 Juli 2018. Dalam acara itu, Wali Kota Risma menjadi pembicara di dua forum berbeda, dan juga akan menerima penghargaan Lee Kuan Yew World City Prize kategori Special Mention.

Di sela-sela waktu luangnya mengikuti acara itu, Risma memanfaatkannya untuk menjalin kerja sama dengan yaitu Singapura. Rencana kerja sama itu terlihat dalam pertemuan Risma dengan Mohammad Maliki yang menjabat menteri Luar Negeri, Menteri Pertahanan dan Wali Kota Singapura.

Pada pertemuan santai dan tertutup itu, Mohammad Maliki menawarkan beberapa kerja sama dengan Kota Surabaya. Mulai bidang pariwisata, investasi, dan pertukaran pegawai, hingga pertukaran pelajar. Dalam bidang pariwisata, Mohammad Maliki memyatakan akan berusaha meningkatkan pelayaran dari Singapura ke Surabaya.

"Surabaya bisa menjadi pasar Indonesia timur. Dan Singapura bisa dijadikan oleh Surabaya untuk memasarkan ke kota dunia lainnya,"kata Mohammad Maliki dalam siaran persnya, Senin (9/7).

Kerja sama kedua yang ditawarkan yakni investasi bidang properti. Mohammad Maliki berjanji akan membawa pebisnis Singapura untuk berinvestasi langsung di Kota Surabaya. Itu tak lain karena dia merasa, perkembangan Surabaya sangat tepat untuk investor Singapura, terutama bidang properti.

"Karena perkembangannya sangat pesat dan kami juga menawarkan tukar pegawai dan saling tukar pelajar. Karena tantangan yang dihadapi Singapura dan Surabaya ke depannya sama," kata dia.

Demi memantapkan kerja sama antara Singapura dan Kota Surabaya, Mohammad Maliki berencana akan mengundang khusus Wali Kota Risma dalam waktu dekat untuk melihat sektor yang bisa dikerjasamakan. Sehingga Risma bisa memilih tempat dan sektor mana saja yang bisa dikunjungi untuk dikerjasamakan.

Wali Kota Risma mengapresiasi rencana kerja sama yang ditawarkan oleh Singapura kepada Kota Surabaya. Wali kota perempuan pertama di Kota Surabaya ini juga mengaku akan menyiapkan sesuatunya yang dibutuhkan dalam kerja sama ini.

"Kami sangat berterima kasih atas rencana kerja sama ini, kami akan siapkan seluruhnya untuk menyambut kerjasama yang sama-sama menguntungkan bagi Surabaya dan Singapura," kata Risma.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement