Kamis 05 Jul 2018 20:29 WIB

Usai Anies, Zulkifli Hasan Temui SBY Bahas Pilpres

PAN dan Demokrat tengah berproses mencapai kesepakatan.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Muhammad Hafil
Pertemuan SBY dan Zulkifli Hasan (Ilustrasi).
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Pertemuan SBY dan Zulkifli Hasan (Ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan menyambangi kediaman Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Kuningan, Jakarta, Kamis (5/7) sore. Hal itu diakui Zulkifli saat ditemui di Kantor DPP PAN, Senopati, Jakarta.

"Silaturahmi ke Pak SBY, tentu saya melakukannya rutin bukan hanya tadi," kata Zul.

Zulkifli mengaku ada pembahasan mengenai pilpres dalam pertemuan tersebut terutama yang berkaitan dengan koalisi. Pasalnya kedua partai tersebut memiliki kesamaan, yaitu sama-sama tidak bisa mencalonkan presiden sendiri apabila merujuk pada presidential threshold 20 persen.

"Yang bisa (koalisi) dua partai PDI Perjuangan, Golkar, Gerindra. Tapi kalau PAN, Demokrat dan lain-lain itu harus tiga karena itu koalisi harus dibangun," ujarnya.

Zulkifli mengatakan untuk mencapai kesepakatan antarkedua partai, hal itu dinilai masih sangat panjang. Namun untuk saat ini Zulkifli mengaku PAN dan Demokrat tengah berproses untuk mencapai kesepakatan tersebut.

"(Kesepakatan) itu masih panjang. Dalam proses iya, proses namanya. Jangan disimpulkan. Prosesnya itu masih panjang, masih ada besok, lusa, terus," tutur pria yang kini menjabat sebagai Ketua MPR tersebut.

Zulkifli mengungkapkan selain Partai Demokrat akan ada partai-partai lain yang akan dijajaki oleh PAN. Sebelumnya Zulkifli juga menerima kedatangan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di ruang kerjanya di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (5/7) siang. Anies pun tak menampik jika dalam pertemuan tersebut keduanya membicarakan hal terkait dinamika politik.

"Pak Zul tadi beri beberapa petuah-petuah, beberapa pesan dan beliau menceritakan tentang pentingnya kita semua ikut memperhatikan dinamika politik," ujar Anies di saat ditemui usai pertemuan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement