Senin 02 Jul 2018 16:31 WIB

Puluhan Personel SAR Cari Korban di Pantai Parangtritis

Korban terseret ombak saat bermain air di area rawan.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Ani Nursalikah
Pantai Parangtritis.
Foto: Yusuf Assidiq.
Pantai Parangtritis.

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Dua wisatawan Ismulmaulid Bali Muhammad (13 tahun) dan Mansur (25) yang berasal dari Condongcampur, Pejawaran, Banjarnegara, Jawa Tengah tenggelam di Pantai Parangtritis, Kretek, Bantul pada Ahad (1/7). Hingga kini, tim SAR Gabungan masih terus berupaya melakukan pencarian.

Puluhan personel SAR gabungan diturunkan mencari korban tenggelam di pantai Parangtritis, Senin (2/7). "Untuk personel, hari ini kita gabungan. Kita turunkan ada 30 personel dari SAR Linmas Parangtritis, ada juga dari Basarnas, Polairud, dan ada juga Ban-ops DIY," ujar Koordinator SAR Linmas Kabupaten Bantul, Muhammad Arif Nugraha, Senin (2/7).

Ia menjelaskan, upaya pencarian sudah dilakukan sejak Ahad sore, akan tetapi sejauh ini belum membuahkan hasil. Untuk hari ini, upaya pencarian akan terus berlanjut dengan melakukan penyisiran di bibir pantai dan penebaran jaring menggunakan perahu jukung.

Selain penyisiran dan tebar jaring, upaya pencarian juga dilakukan dengan menurunkan jet ski. Arif Nugraha mengaku sejauh ini tidak menemukan kendala. Semua dalam kondisi siap. Akan tetapi, kondisi korban yang berada di palung saat tenggelam sehingga sulit diprediksi.

"Korban ini kan baru tenggelam kemarin sore, sehingga kondisi tubuhnya belum mengapung," kata dia.

Saat kejadian, menurut Arif, korban bermain air di area palung sehingga terseret ombak dan akhirnya tenggelam. Ia pun menekankan sebenarnya petugas sudah beri peringatan dan pasang rambu-rambu, tetapi korban tetap bermain air di zona rawan tersebut.

Koordinator lapangan Basarnas Yogyakarta, Agustinus Danang menuturkan akan terus melakukan fokus pencarian dengan melihat arus laut yang mengarah ke barat. Agustinus mengatakan sejak kemarin hingga malam hari, petugas gabungan terus berusaha melakukan pencarian dengan melakukan penyisiran di bibir pantai dengan mengandalkan mobil 4x4.

"Untuk arah arus hari ini ke barat, kami masih fokus memaksimalkan pencarian kesana," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement