Rabu 27 Jun 2018 17:11 WIB

Ridwan Kamil: Saya adalah Pemimpin Semua Warga Jabar

Pasangan Rindu unggul atas para pesaingnya dalam hitung cepat.

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Bayu Hermawan
Calon Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama istri Atalia Praratya melakukan pencoblosan dalam Pilkada Serentak 2018, di rumahnya, di Cigadung, Kota Bandung, Rabu (27/6).
Foto: Republika/Edi Yusuf
Calon Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama istri Atalia Praratya melakukan pencoblosan dalam Pilkada Serentak 2018, di rumahnya, di Cigadung, Kota Bandung, Rabu (27/6).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pasangan Calon Gubernur nomor urut 1 Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum (Rindu) memperoleh kemenangan sementara berdasarkan hasil perhitungan cepat (quick count) di Pilgub Jawa Barat 2018. Pasangan Rindu memperoleh suara di atas 30 persen dari sejumlah lembaga yang mengadakan quick count.

Ridwan Kamil mengatakan dalam pidatonya bahwa quick count merupakan hasil sementara sebelum resmi dikeluarkan oleh KPU. Namun ia optimis hasil tersebut tidak jauh berbeda. Pria yang akrab disapa Emil ini pun mengaku siap menjadi pemimpin rakyat Jawa Barat. Emil berjanji akan menjadi pemimpin bagi seluruh warga Jawa Barat tanpa membeda-bedakan.

"Saya bersumpah saya adalah pemimpin  semua warga Jawa Barat yang tidak membeda-bedakan agama ras dan golongan. Tidak membedakan partai pengusung atau tidak. Tidak membedakan yang mencoblos kami atau tidak," kata Emil dalam pidatonya usai memantau hasil quick count di Hotel Papandayan, Kota Bandung, Rabu (27/6).

Emil berjanji jika dirinya resmi menjadi Gubernur Jawa Barat maka ia akan mendedikasikan hidupnya untuk kemajuan Jawa Barat. Sehingga masyarakat Jawa Barat bisa hidup lebih sejahtera. "Selama dia warga Jawa Barat, dia adalah warga dan umat yang akan saya tolong hidupnya," ucapnya.

Ia memgatakan akan berupaya menjadikan Jawa Barat menjadi provinsi yang juara. Tidal hanya kemajuan infrastrukturnya, tapi juga sumber daya manusia (SDM) dan pembangunan hal lainnya.

Berdasaekan hasil quick count hingga pukul 15.22 WIB, pasangan calon (paslon) gubernur-wakil gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK)-Uu Ruzhanul Ulum (Rindu) unggul dari empat lembaga survei. Jumlah suara yang masuk hasil perhitungan cepat ini rata-rata sudah di atas 70 persen.

Meski kemenangan sudah di depan mata, ia meminta kepada para pendukungnya untuk tidak melakukan euforia yang berlebihan.  Serta tidak melakukan tindakan yang negatif.

"Saya sampaikan jangan melakukan komentar di medsos yang berlebihan jangan mengejek dan membully karena itu bukan akhlak pasangan Rindu. Kita kalem saja kita syukuri dalam hati," ucapnya.

Ia tak henti-henti bersyukur atas capaian yang telah diraih hari ini. Menurutnya ini merupakan hasil dari kerja keras seluruh pihak yang telah berjuang bersamanya selama Pilkada. "Sampai berjumpa di tempat yang namanya Gedung Sate," kata dia disambut riuh teriakan Jabar Juara dari para pendukung.

Baca juga: Menang Versi Hitung Cepat, Ridwan Kamil Sujud Syukur

Sementara calon wakil gubernur (cawagub) Dedi Mulyadi mengucapkan selamat kepada Ridwan Kamil dan Uu Ruzalul Ulum, atas kemenangannya dalam hitung cepat pemilihak kepala daerah (pilkada) Jawa Barat. Dedi pun mengatakan siap mendukung kebijakan gubernur dan wagub terpilih.
 
"Saya ucapkan selamat kepada Pak Ridwan Kamil dan Pak Uu atas kemenangan di Pilgub Jabar ini," ujarnya kepada Republika.co.id, Rabu (27/6).

Kemenangan Rindu ini, lanjut Dedi, merupakan pilihan mayoritas warga Jawa Barat. Karena itu, semua pihak harus menerimanya. Bahkan, sebagai warga Jabar, Dedi akan turut mendukung kebijakan gubernur atau wakil gubernur terpilih tersebut. Bahkan, sambungnya, pihaknya ingin pasangan terpilih ini nantinya bisa bekerja sesuai dengan visi dan misi. Semakin, menyejahterakan masyarakat. Serta, bisa menjaga lingkungan.

"Sekali lagi, selamat kepada Pak Ridwan Kamil dan Pak UU. Selamat bekerja untuk lima tahun kedepan," katanya.

Baca juga: Dedi Mulyadi: Selamat Kepada Ridwan Kamil dan Uu

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement