Rabu 27 Jun 2018 16:16 WIB

Gus Ipul dan Khofifah Sama-Sama Menang di Kandang

Dua TPS terkait adalah TPS 03 Gayungan, Surabaya, dan TPS 16, Jemur Wonosari.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Ratna Puspita
Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut satu, Khofifah Indar Parawansa menunjukkan surat suara ketika akan menggunakan hak suara di TPS 16 Jemur Wonosari, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (27/6).
Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut satu, Khofifah Indar Parawansa menunjukkan surat suara ketika akan menggunakan hak suara di TPS 16 Jemur Wonosari, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (27/6).

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Dua calon gubernur yang berkontestasi pada pilgub Jawa Timur (Jatim) 2018 sama-sama unggul dalam perolehan suara di TPS tempat mereka mencoblos. Hasil tersebut diketahui setelah Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) selesai melakukan perhitungan di dua TPS terkait, yakni di TPS 03 Gayungan, Surabaya, dan TPS 16, Jemur Wonosari, Surabaya.

TPS 03 Gayungan, Surabaya, merupakan tempat cagub nomor urut 2, Saifullah Yusuf, mencoblos. Di TPS ini, Saifullah Yusuf atau Gus Ipul unggul dengan perolehan 272 suara. 

Sementara itu, lawannya, Khofifah Indar Parawansa, hanya memperoleh 176 suara, sedangkan ada lima surat suara yang dianggap tidak sah. "Surat suara tersebut dianggap tidak sah karena dicoblos pada bagian gambar kolom kedua paslonnya. Selain itu juga ada yang mencoblosnya tidak sampai tembus," kata Ketua KPPS TPS 03 Gayungan, Surabaya, Vina Arditasari, Rabu (27/6).

Vina menjelaskan, total daftar pemilih tetap (DPT) di TPS tersebut sebanyak 578 orang. Namun, dalam perhelatan pilgub Jatim 2018, hanya sebanyak 453 pemilih yang menyalurkan suaranya. Artinya, ada sebanyak 125 surat suara yang tidak digunakan di TPS 03 ini.

photo
Calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf menunjukkan jari usai melakukan pencoblosan di tempat pemungutan suara (TPS) 3 di Gayungan, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (27/6). (Antara/Zabur Karuru)

Sementara itu, TPS 16, Jemur Wonosari, Surabaya, merupakan tempat cagub Jatim nomor urut 1, Khofifah Indar Parawansa, mencoblos. Di lokasi ini, Khofifah juga mengungguli lawannya. 

Khofifah memperoleh suara sebanyak 413 suara. Sementara itu, Gus Ipul hanya memperoleh 56 suara, sedangkan 10 suara di antaranya dianggap tidak sah.

"Empat ratus tiga belas (413) suara untuk nomor urut 1, dan untuk nomor urut dua 56 suara. Ada suara tidak sah 10. Jadi, total keseluruhannya 479 suara," ujar Ketua KPPS TPS 16, Jemur Wonosari, Surabaya, Mabrur.

Mabrur mengungkapkan, total DPT di TPS tersebut sebanyak 631 orang. Namun, hanya sebanyak 479 pemilih yang menyalurkan suaranya. Artinya, ada sebanyak 152 surat suara yang tidak digunakan di TPS 03 ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement