Jumat 22 Jun 2018 23:00 WIB

Libur Lebaran Wisata Alam di DIY Paling Diminati

Kawasan Wanawisata jadi salah satu destinasi wisata kala Lebaran

Rep: neni ridarineni/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Sejumlah wisatawan menikmati panorama Yogyakarta dari ketinggian di obyek wisata alam Puncak Becici di kawasan Hutan Mangunan, Dlingo, Bantul, DI Yogyakarta, Rabu (10/5).
Foto: Antara/Aditya Pradana Putra
Sejumlah wisatawan menikmati panorama Yogyakarta dari ketinggian di obyek wisata alam Puncak Becici di kawasan Hutan Mangunan, Dlingo, Bantul, DI Yogyakarta, Rabu (10/5).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA - Kawasan Wanawisata Budaya Mataram termasuk diantaranya hutan pinus Dlingo Bantul di saat Lebaran tahun ini masih termasuk salah satu dari tiga destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi wisatawan.

“Dalam satu hari di H+2 Lebaran jumlah wisatawan di Wana Wisata Budaya Mataram  mencapai sekitar 30 ribu wisatawan,’’kata Kepala Bidang Destinasi Dinas Pariwisata DIY Aria Nugrahadi pada Republika,  Jum’at (22/6).

Menurut Aria di Wanawisata Budaya Mataram total ada beberapa obyek wisata antara lain Wanawisata Becici, Wanawisata Pinussari, Wanawisata Lintang Sewu, Wanawisata Bukit Mojo, Wanawisata Bukit Pengger.

Lebih lanjut Aria menjelaskan, meski Wana Wisata banyak pengunjungnya namun obyek wisata di hari libur Lebaran yang paling banyak dikunjungi masih obyek wisata pantai yakni sepanjang pantai di Gunungkidul. Ia menambahkan dalam sehari mencapai 50 ribu wisatawan.

Selanjutnya Taman Tebing Breksi masih juga ramai dikunjungi wisatawan, dari H-2 sampai H+ 4 jumlah wisatawannya mencapai 50 ribu orang.   Di Kaliurang meskipun dekat Gunung Merapi dan masih dalam status waspada, kata Aria, minat wisatawan  cukup tinggi,

Terkait dengan adanya kecelakaan jeep wisata Lava Tour, ia mengatakan sebagai salah satu usaha jasa pariwisata hal penting adalah keselamatan. ‘’Saat ini Jeep wisata yang ada di Taman Tebing Breksi, Mangunan dan Parangtritis sudah dikoordinasikan dengan IOF (Indonesia Off-Road Federation) terkait kelayakan pengemudi, bagaimana standar kendaraan wisata  setara dengan kelayakan jalan dan drivermempunyai kecakapan mengemudikan,’’ungkapnya. 

Wisatawan dari Pondok Gede Bekasi, Estri yang diwawancarai Republika mengunjungi Wisata Hutan Pinus Dlingo. Ia mengaku banyak pilihannya, selain tu ada beberapa tempat dan ada keseniannya. "Di samping itu suasana kabut yang indah memanjakan mata dan pikiran," ucap dia kepada Republika

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement