Sabtu 16 Jun 2018 01:30 WIB

Surat Suara Pilkada Jabar, Sudah Terdistribusikan 100 Persen

KPU Jabar sudah selesai mendistribusikan surat suara untuk Pilkada Jabar.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Bayu Hermawan
Warga memasukan surat suara ke kotak suara. (Ilustrasi)
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Warga memasukan surat suara ke kotak suara. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar, sudah selesai mendistribusikan surat suara untuk Pilkada Jabar 27 Juni mendatang. Menurut Komisioner KPU Jabar Divisi Umum, Keuangan dan Logistik, Agus Rustandi beberapa jenis logistik untuk Pilkada Jabar sudah didistribusikan ke kabupaten/kota. Namun, yang pendistribusiannya sudah 100 persen baru surat suara.

"Kalau surat suara, sudah 100 persen pendistribusiannya ke 27 kabupaten/kota," ujar Agus kepada Republika.co.id.

Agus menjelaskan, untuk logistik lainnya memang masih ada yang belum 100 persen. Misalnya, bilik dan kotak suara pendistribusiannya masih terus diproses. Karena, pendistribusiannya baru selesai 75 persen. "Kami targetkan, sebelum lebaran semua logistik sudah sampai di daerah," katanya.

Agus menjelaskan, total kebutuhan surat suara se-Jabar ditambah cadangan 2,5 persen sebanyak 32.559.592. Dari jumlah tersebut, setelah disortir yang rusak ada 7.685. Sedangkan surat suara yang pengirimannya kurang ada 4.342. "Jadi, total kekurangan surat suara yang belum terdistribusikan ada 11.795 lembar," katanya.

Untuk surat suara yang rusak, menurut Agus, akan diganti oleh pihak ketiga yang mencetak. Saat ini, semua sedang disiapkan. Agus mengaku, dalam hal pendistribusian, ia tak memiliki kendala. Karena, semuanya sejak awal sudah dipetakan daerah mana saja yang aksesnya sulit. Jadi, sebelum puasa pendistribusian daerah terpencil diutamakan.

"Jadi, kemacetan arus mudik tak menjadi kendala dalam pendistribusian surat suara karena sudah kami lakukan sebelum puasa," katanya.

Dikatakan Agus, proses pencetakan, distribusi, dan pelipatan di masing-masing KPUD mendapat pengawalan ketat dari aparat keamanan. "Insya Allah semuanya selesai sesuai jadwal," katanya.

Terkait surat suara khusus difabel, menurut Agus, KPU Jabar memiliki kebijakan dalam rangka mewujudkan pemilih yang ramah aksebiltas, telah disiapkam templet braille untuk tuna netar di tingkat TPS. "Kami sudah menyiapkan templet braille di tingkat TPS. Tapi, hanya untuk yang sudah terdaftar ada difabelnya," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement