Selasa 12 Jun 2018 03:49 WIB

Gerindra Tetap Yakin Amien Rais Dukung Prabowo Jadi Capres

Ketua DPP Gerindra menilai Amien Rais bukan sosok yang hanya mengejar jabatan.

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Bayu Hermawan
Politikus Gerindra - Habiburokhman
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Politikus Gerindra - Habiburokhman

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPP Partai Gerindra Habiburokhman mengatakan, meski Amien Rais telah menyatakan siap maju di pilpres mendatang, namun partainya yakin Ketua Dewan Kehormatan PAN itu tetap mendukung Prabowo Subianto menjadi calon presiden (Capres). Gerindra juga terus berkomunikasi dengan PAN terkait pilpres.

"Saya paham sekali Pak Amien bukan tokoh yang mengejar jabatan, secara psikologis masih sangat mungkin Pak Amien dan PAN dukung 08 (Prabowo) demi mewujudkan perubahan dan menyelamatkan nasib bangsa," kata Habiburokhman pada Republika.co.id, melalui pesan singkat, Senin (11/6).

Ia menuturkan, pihaknya hingga saat ini masih terus berkomunikasi dengan PAN ataupun Amien. Ia yakin Amien adalah tokoh politik senior yang paham hitung elektoral dalam Pemilu. "Kami yakin Pak Amien tidak kaku dan paham akan hitung-hitungan elektoral bahwa untuk maju kita butuh 20 persen kursi parlemen," ujarnya.

Terkait ungkapan Amien yang mengajukan diri sebagai calon presiden, Habiburokhman menganggapnya sebagai hak setiap orang. Ia pun menghargai ungkapan Amien yang siap diusung sebagai calon presiden tersebut.

Selain itu, Habiburokhman juga menilai sikap Amien yang mengungkapkan kesiapan dirinya menjadi calon presiden itu menunjukkan ada semangat ganti presiden pada Pilpres 2019 mendatang. Ia pun memandang hal tersebut sebagai sesuatu yang positif.

"Beliau menegaskan bahwa Jokowi memang sudah harus diganti 2019. Beliau mempertegas demarkasi sebagai sosok yang pro perubahan melawan mereka yang pro status quo," ucapnya.

Baca juga: Peneliti LSI: Amien Rais Punya Modal untuk Maju Jadi Capres

Sebelumnya dalam sebuah kesempatan, Amien mengaku dirinya masih layak untuk diusung menjadi capres dari partainya. Selain dirinya, Amien menyebut tiga nama lainyang juga layak diusung sebagai capres oleh PAN. Mereka adalah ketua umum PAN saat ini, Zulkifli Hasan, serta dua mantan ketua umum PAN lainnya, Sutrisno Bachir dan Hatta Rajasa. Ketiga tokoh PAN tersebut dianggap tidak kalah layak dan pantas diusung sebagai capres. "Nah, biarkanlah nanti rakyat akan membuat penilaian," ujar dia.

Baca juga: Amien Mau Nyapres, Sandiaga: Koalisi yang Tentukan

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement