Jumat 15 Jun 2018 04:00 WIB

Singa Afrika Jadi Hiburan Baru di TSJT

Singa Afrika betina kecil ini merupakan satwa terbaru di Taman Satwa Taru Jurug.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Andi Nur Aminah
Seekor Singa Afrika yang baru dipindahkan oleh Petugas Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) di salah satu kandang TSTJ, Solo, Jawa Tengah, Rabu (20/5).
Foto: Antara/Maulana Surya
Seekor Singa Afrika yang baru dipindahkan oleh Petugas Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) di salah satu kandang TSTJ, Solo, Jawa Tengah, Rabu (20/5).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO --- Bagi anda yang mudik dan mengisi libur lebaran di Kota Solo, sempatkanlah berkunjung ke Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ). Sebab tak hanya beragam acara yang telah disiapkan manajemen TSTJ untuk menyambut wisatawan libur lebaran. Di sini, pengunjung bisa melihat tingkah seekor singa Afrika betina kecil yang merupakan satwa terbaru di TSTJ.

Singa Afrika berusia enam tahun itu didatangkan dari Margasatwa Serulingmas Banjarnegara pada Kamis (7/6) malam. Dokter Hewan TSTJ Solo, Siti Nuraini mengatakan singa tersebut masih mengalami stres setibanya di TSTJ. Untuk sementara waktu, petugas pun mengkarantina singa afrika kecil itu dalam kandang berukuran 35 meter.

Menurutnya, singa kecil itu akan kembali normal setelah melalui masa penyesuaian selama lima hari. "Dia masih stres, saat keeper datang memeriksa dan memberi makan saja masih ketakutan," kata Siti pada Jumat (8/6).

Menurutnya jika kondisi singa afrika tersebut sudah kembali normal akan terlihat dari pola makan. Dalam kondisi normal, jelas Siti, singa tersebut mengkonsumsi 4,5 kilogram daging ayam setiap harinya. Sebab itu untuk mempercepat pemulihan kondisi singa afrika itu, petugas pun memberikan vitamin.

Sementara itu Direktur TSTJ Bimo Wahyu Widodo optimistis dengan kehadiran singa afrika tersebut dapat menarik banyak pengunjung terutama pada libur lebaran nanti. "Dengan tambahan koleksi TSTJ ini semoga bisa menjadi daya tarik untuk wisatawan," katanya.

Ia juga menambahkan TSTJ telah meyiapkan berbagai rangkaian untuk menghibur pengunjung yang datang saat libur lebaran. Pengunjung tak hanya bisa mengikuti kirab namun juga bisa kembali menyaksikan air mancur menari yang baru saja selesai diperbaiki. Bahkan jelasnya pengunjung juga bisa menikmati keindahan taman lampion, taman pelangi dan ait mancur menari saat malam takbiran. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement