Kamis 07 Jun 2018 20:56 WIB

Tol BORR II Dibuka, Gratis Selama Dua Pekan

Tarif golongan 1 senilai Rp 10 ribu

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Friska Yolanda
Peresmian Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) Seksi IIB.
Foto: Republika/Zahrotul Oktaviani
Peresmian Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) Seksi IIB.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) Seksi IIB resmi dibuka Kamis (7/6). Jalur kendaraan ini bisa digunakan pengendara secara gratis selama dua pekan, dari 8 Juni hingga 20 Juni 2018.

"Kita selesai uji layak fungsi itu tanggal 18 Juni, lalu SK Tarif keluar 5 Juni, dan kita resmikan sekarang. Ini selama dua mingguan kita gratiskan," ujar Direktur Utama PT Marga Sarana Jabar Hendro Atmojo di lokasi peresmian Tol BORR Seksi IIB, Kamis (7/6).

Pemberlakuan tarif gratis ini disebut sebagai salah satu bentuk sosialisasi adanya tol baru. Hal ini sesuai dengan peraturan yang menyatakan bagi jalur tol baru minimal tujuh hari digratiskan.

Sistem yang digunakan Tol BORR saat ini hanya satu gerbang di Sentul. Sistemnya seperti di dalam kota, yaitu bayar sekali dan keluar di mana saja. 

"Ini sistemnya terbuka jadi bayar sekali keluar di mana saja," ujarnya.

Seksi IIB Tol BORR ini sepanjang 2,6 kilometer. Peresmian tol ini disebut mundur karena bentuknya yang elevated atau jalan layang. Untuk tol dengan jenis ini prosedurnya memang lebih banyak.

Untuk mendapat sertifikat keamanan dan keselamatan dibutuhkan proses pengecekan yang lebih panjang. Ada beberapa penyempurnaan yang perlu dilakukan dalam rangka menambah keselamatan pemakai jalan.

"Bentuk jembatan yang ini prosedurnya lebih njelimet untuk mendapat sertifikat keamanan dan keselamatan," ujarnya.

Setelah tanggal 20, tarif berlaku normal. Adapun tarif yang diberlakukan untuk golongan 1 adalah Rp 10 ribu, golongan 2 dan 3 Rp 15 ribu, golongan 4 dan 5 Rp 20 ribu.

Ke depannya Tol BORR akan dilanjut hingga seksi III. Nantinya, tol ini akan berakhir di Parung. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement