Ahad 03 Jun 2018 16:56 WIB

Tiga Rest Area Darurat Disiapkan di Tol Semarang-Salatiga

Rest area sementara tersebut akan memiliki berbagai kelengkapan.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Yusuf Assidiq
Ruas jalan tol.
Foto: Antara.
Ruas jalan tol.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- PT Trans Marga Jateng (TMJ) menyiapkan tiga lokasi rest area darurat bagi pemudik yang akan melintas di ruas tol Semarang-Salatiga atau sebaliknya. Dengan penambahan fasilitas ini, di ruas tol ini bakal ada empat titik rest area yang bisa dimanfaatkan oleh para pemudik untuk sejenak melepas letih selama melakukan perjalanan jauh.

"Satu di antaranya merupakan rest area existing dan permanen di KM 22-A (arah Semarang menuju Salatiga)," jelas Direktur Utama (Dirut) PT TMJ, Yudhi Krisyunoro.

Ia menuturkan, ketiga rest area darurat di ruas tol Semarang-Salatiga ini disiapkan di KM 22-B (arah Salatiga menuju Semarang), KM 49-A, serta di KM 49-B.

Kendati darurat, rest area sementara tersebut akan memiliki kelengkapan seperti fasilitas MCK, mushala, fasilitas penjualan bahan bakar kemasan khusus Pertamina, penjual makanan dan minuman, serta tempat beristirahat.

"Rencananya, di rest area darurat ini juga ada posko kesehatan, layanan informasi, dan pos pelayanan terpadu. Termasuk bengkel 24 jam yang bisa diakses para pemudik," jelasnya.

Saat ini, kata Yudhi, PT TMJ tengah menyiapkan lokasi rest area darurat ini. Rencananya, rest area darurat ini sudah akan bisa dimanfaatkan para pemudik mulai H-7 hingga H+7 Idul Fitri 1439 Hijriyah.

Guna mendukung keamanan selama arus mudik dan arus balik nanti, PT TMJ telah berkoordinasi dengan petugas Patroli Jalan Raya (PJR) Jateng X serta ada 13 personel kepolisian.

Keberadaan petugas keamanan ini juga akan didukung empat armada kendaraan dinas, ditambah bantuan kendali operasi lintas sektoral, termasuk unsur Sat Brimob Polda Jawa Tengah.

PT TMJ, imbuhynya, juga telah memasang 13 kamera pengawas (CCTV) di sejumlah lokasi guna memantau situasi di kawasan ruas tol ini.

Hal ini dilakukan agar PT TMJ bisa memberikan pelayanan terbaik dan respons cepat bila ada pengguna jalan yang membutuhkan.

"Kami berharap, keberadaan rest area ini dapat dimanfaatkan oleh para pemudik untuk sejenak melepas lelah atau beristirahat, sebelum melanjutkan perjalanan," kata Yudhi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement