Jumat 01 Jun 2018 06:52 WIB

Gudang Penyimpanan Cokelat Ceres di Kab Bandung Terbakar

Kebakaran terjadi akibat hubungan arus pendek listrik.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Esthi Maharani
Petugas pemadam kebakaran memadamkan api yang membakar gudang di Deyuhkolot, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (31/5).
Foto: Antara/M Agung Rajasa
Petugas pemadam kebakaran memadamkan api yang membakar gudang di Deyuhkolot, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (31/5).

REPUBLIKA.CO.ID, DAYEUHKOLOT -- Gudang penyimpanan bahan baku cokelat di jalan Mengger Baru, Kampung Mengger Hilir, Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung terbakar, Kamis (31/5). Diketahui kebakaran terjadi akibat hubungan arus pendek listrik.

Kasi Rescue Kabupaten Bandung Santo mengatakan pihaknya menerjunkan 10 mobil pemadam kebakaran untuk memadamkan api dari Kabupaten Bandung. Sebagian mobil pemadam berasal dari Kota Bandung, Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat.

"Kebakaran dikarenakan hubungan arus pendek," ujarnya. Ia mengatakan, selama melakukan pemadaman, beberapa petugas mengalami kendala diantaranya hydrant yang hanya satu dan tidak berjalan serta tidak layak. Hingga akhirnya pihaknya mengambil air dari sumber yang lain.

"Sampai pukul 11.30 WIB atau empat jam setelah kejadian, api masih ada walaupun sudah tidak terlalu besar," ungkapnya. Dia mengatakan, akses menuju lokasi kebakaran pun hanya satu, sehingga menyulitkan mobil untuk masuk dan keluar.

Menurutnya, seharusnya terdapat jalan di bagian belakang gudang. Tidak hanya itu, kondisi bangunan juga minim jalur evakuasi. Sehingga petugas menjebol tembok pabrik bagian belakang untuk memadamkan api di bagian dalam. Santo menambahkan, di bagian Selatan bangunan terdapat penyimpanan potasium yang sempat meledak.

Sementara itu, Kapolsek Dayeuhkolot Kompol Rismanto mengatakan kebakaran diperkirakan terjadi sekitar pukul 07.30 WIB, Kamis kemarin. Pihaknya sendiri menerima laporan sekitar pukul 08.30 WIB dan langsung berkoodinasi dengan pemadam kebakaran.

Menurutnya, bangunan yang terbakar merupakan milik PT Tridaya yang disewa oleh PT Barry Callabut sebagai gudang bahan baku cokelat ceres.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement