Rabu 30 May 2018 13:09 WIB

Polres Bogor Siapkan 1.200 Personel untuk Asian Games 2018

Di Kabupaten Bogor terdapat dua lokasi penyelenggaraan pertandingan Asian Games

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Hazliansyah
Pekerja mengerjakan perawatan rumput lapangan Stadion Pakansari di Bogor, Jawa Barat, Rabu (23/5).
Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya
Pekerja mengerjakan perawatan rumput lapangan Stadion Pakansari di Bogor, Jawa Barat, Rabu (23/5).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Polres Bogor menyiapkan 1.200 personel guna pengamanan terhadap perhelatan Asian Games 2018. Kabupaten Bogor menjadi lokasi penyelenggaraan pertandingan untuk cabang olahraga sepak bola dan paralayang.

"Kita all out untuk Asian Games, Agustus nanti. 1.200 personel disiagakan untuk melakukan pengamanan di dua cabang olahraga, sepak bola dan paralayang," ujar Kapolres Bogor AKBP Andi M Dicky di Polres Bogor Cibinong, Rabu (30/5).

Untuk cabor sepak bola akan digelar di Stadion Pakansari, Cibinong. Untuk cabang olah raga paralayang diselenggarakan di Gunung Mas, Puncak. Sejumlah rekayasa lalu lintas juga telah disiapkan untuk mempermudah akses para atlet dan penonton.

"Event ini bersejarah, kami ingin semua acara, khususnya yang ada di Bogor berjalan lancar dan aman. Kita juga harus menjadi memberikan kesan yang baik sebagai tuan rumah," ujarnya.

Selain mengamankan venue, Polres Bogor juga akan menjaga beberapa lokasi hotel tempat atlet menginap. Lokasi hotel berada di sekitar venue pelaksanaan Asian Games.

"Beberapa hotel untuk tempat menginap atlet juga kita lakukan penjagaan," ujar Kabagops Polres Bogor Kompol Faisal Pasaribu.

Untuk kelancaran lalu lintas, polisi akan melakukan pengamanan jalur untuk memperlancar kegiatan dari lokasi penginapan hingga venue Asian Games. Plotingan personel polisi akan di bagi dua, yakni di Cibinong dan Cisarua, Kabupaten Bogor.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo ingin memastikan kondisi keamanan di Tanah Air terkendali menjelang pelaksanaan Asian Games 2018. Hal ini dibahas dalam rapat terbatas dengan topik Perkembangan Persiapan Asian Games XVIII Tahun 2018 di Kantor Presiden, Jakarta, Senin pagi.

"Secara khusus saya minta laporan nanti mengenai kesiapan pengamanan. Kita ingin negara-negara peserta Asian Games meyakini bahwa Indonesia aman untuk dikunjungi dan kondisi keamanan sepenuhnya terkendali," katanya.

Fokus pengamanan juga bukan semata di kota-kota yang menjadi arena resmi pelaksanaan Asian Games. Presiden ingin pengamanan yang terpantau dengan baik di seluruh pelosok Tanah Air.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement