Kamis 24 May 2018 18:29 WIB

Remaja Ancam Tembak Jokowi Minta Maaf, KPAI: Itu Sudah Cukup

Beredar video seorang remaja mengancam Presiden Joko Widodo.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Andri Saubani
Ketua KPAI Susanto
Foto: REPUBLIKA/Iman Firmansyah
Ketua KPAI Susanto

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Susanto, mendatangi langsung Polda Metro Jaya untuk menemui pelaku penghina simbol negara dalam hal ini Presiden RI Joko Widodo. Menurut dia, permintaan maaf dari sang pelaku sudah cukup, mengingat pelaku RJ masih berusia 16 tahun.

"Ananda RJ ini umur 16 tahun, dari sisi usia masih usia anak. Masih usia anak tentu kita maafkan. Polisi juga maafkan atas tindakan yang dilakukan RJ," ujar Susanto saat ditemui di Mapolda Metro Jaya, Kamis (24/5).

Baca: Polda Metro Selidiki Video Pemuda Ancam Tembak Jokowi.

Apalagi telah beredar pula video permintaan maaf dari pelaku RJ dengan didampingi orang tuanya, bagi Susanto, dengan meminta maaf saja sudah cukup. Dalam video tersebut, pelaku RJ telah meminta maaf dan mengharapkan agar tidak ada lagi remaja lain yang meniru perilaku buruknya itu.

"Saya juga komunikasi dengan yang bersangkutan, dia sampaikan permohonan maaf kepada masyarakat tentang yang dilakukan, yang bersangkutan juga akan sampaikan agar tidak ditiru oleh siapapun, termasuk anak seusianya juga adik-adiknya di Indonesia. Karena tindakan ini tidak boleh terjadi," jelas Susanto.

Tanpa perlu dimediasi dengan Presiden RI, Susanto meyakini bahwa Presiden akan memaafkan, karena yang dilakukan bukan atas inisiatif pribadi, dan hanya hanya untuk lucu-lucuan. "Jadi saya yakin Bapak Presiden sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan, akan memaafkan anak ini," kata dia.

Selain itu, permintaan maaf di publik adalah sanksi yang dianggap sudah tepat dan proporsional. Dengan meminta maaf saja, bagi Susanto, sudah cukup membuat anak-anak lain menjadi tidak mengikuti perilaku buruk itu.

"Hemat kami ini sudah proporsional bagi yang bersangkutan," papar Susanto.

Sebuah video viral beredar di media sosial berdurasi 20 detik, yang merekam seorang pria bertelanjang dada dan memegang foto Presiden RI Joko Widodo, ia lantas memaki serta mengancam akan menembak Presiden RI. Namun kini, polisi telah berhasil menangkap remaja berusia 16 tahun itu, yang diketahui berinisial RJ.

"Ini merupakan kenakalan remaja. Kenapa? Ya karena pada saat dia berkumpul dengan temannya, dia mengatakan bahwa kamu berani nggak, nanti kalau berani, kamu bisa nggak ditangkap polisi. Jadi mereka berdua mengetes, mengetes polisi, kira-kira polisi mampu tidak tangkap dia," papar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Rabu (23/5).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement