Rabu 23 May 2018 19:57 WIB

RK: Manfaatkan Libur untuk Memilih Pemimpin Terbaik

KPU targetkan minimal 75 persen partisipasi dalam pilkada serentak.

Kandidat Gubernur Jabar nomor 1, Ridwan Kamil saat bersiakusi dengan warga di Bekasi
Kandidat Gubernur Jabar nomor 1, Ridwan Kamil saat bersiakusi dengan warga di Bekasi

REPUBLIKA.CO.ID,BEKASI-- Kandidat Gubernur Jawa Barat nomor urut 1, Ridwan Kamil meminta kepada masyarakat Jawa Barat memanfaatkan liburan untuk memilih pemimpin terbaiknya pada waktu pemungutan suara 27 Juni mendatang. Sebab pada saat hari pencoblosan itu, pemerintah telah menetapkan sebagai libur nasional.

 

"Biasanya banyak golput karena orang memilih liburan di saat libur nasional," kata Kang Emil sapaan akrab Wali Kota Bandung nonaktif usai berdialog dengan pengurus Forum Komunikasi Warga di Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Rabu (23/5). 

 

Kang Emil meminta agar masyarakat menggunakan hak suaranya dalam pemungutan suara nanti. Sebab, partisipasi pemilih di Pilgub 5-10 tahun cukup rendah.

 

"Bagi warga Jakarta yang ber-KTP Jawa Barat, ketika libur diharapkan menggunakan hak suaranya," kata wali kota Terbaik 2017 versi Kemendagri ini dalam rilis. 

 

Komisi Pemilihan Umum menargetkan partisipasi pemilih dalam Pilkada serentak minimal 75 persen dari daftar pemilih tetap. Karena itu, pada saat hari pencoblosan ditetapkan sebagai hari libur nasional, sehingga pemilik hak suara berkesempatan menggunakan haknya tanpa harus bolos kerja.

 

Berdasarkan catatan KPU Kota Bekasi, partisipasi pemilih dalam Pilgub Jabar lima tahun lalu di Kota Bekasi hanya mencapai 48 persen, lebih banyak yang tidak menggunakan hak suaranya sebanyak 52 persen. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement