Rabu 23 May 2018 11:00 WIB

Penyerang Mapolsek Maro Sebo Jalani Tes Kejiwaan

Pelaku penyerangan Mapolsek Maro Sebo menjalani tes kejiwaan di RS Bhayangkara.

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Bayu Hermawan
Kepala Bidang Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Mabes Polri Brigjen Mohammad Iqbal
Foto: RepublikaTV/Havid Al Vizki
Kepala Bidang Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Mabes Polri Brigjen Mohammad Iqbal

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Hubungan Masyarakat (Karo Penmas Divisi Humas) Polri Brigjen Mohammad Iqbal mengatakan, penyerang Mapolsek Maro Sebo Muaro Jambi saat ini tengah menjalani tes kejiwaan. Hal tersebut dilakukan karena pelaku berinisial AS itu tidak menjawab pertanyaan penyidik dengan baik.

Iqbal menuturkan, pelaku AS menjalani pemeriksaan di RS Bhayangkara Polda Jambi. Menurut Iqbal, AS kondisinya sehat dan penyidik dan beberapa tim dari Mabes Polri sudah berada di Polda Jambi untuk tahap pertama melakukan pemeriksaan kejiwaan. "Karena sampai saat ini pelaku belum bisa berkomunikasi, tanya A jawab B, ditanya B jawab C," kata Iqbal di Markas Besar Polri, Jakarta, Rabu (23/5).

Hingga saat ini, motif penyerangan yang terjadi pada Selasa (22/5) itu belum diketahui. Polisi masih memerlukan keterangan ahli yang meyakinkan ada dan tidaknya gangguan kejiwaan pada pelaku yang diketahui merupakan residivis. Kendati serangan tersebut disebutnya bukan termasuk serangan terorisme, menurut Iqbal kepolisian tetap mengantisipasi segala hal. Kepolisian meningkatkan pengamanan di sekitar kantor polisi dan berkoordinasi dengan masyarakat sekitar.

"Untuk ini kami juga sampaikan belum ada dugaan bahwa pelaku masuk dalam aliran apapaun, jaringan apapaun belum ada," kata mantan Kapolrestabes Surabaya ini.

Kepolisian juga mendalami identitas keluarga mengingat pelaku AS diketahui memiliki catatan kriminal di bidang narkoba. Namun Iqbal belum bisa memasang apakah pelaku merupakan seorang pengedar narkoba atau hanya pemakai narkoba. Akibat penyerangan itu, dua orang polisi mengalami luka-luka akibat sabetan senjata tajam pelaku serangan tersebut. Menurut Iqbal, kondisi keduanya saat jni sudah membaik.

Baca juga: Penyerang Mapolsek Maro Sebo Jambi Residivis Narkoba

Mapolsek Maro Sebo Muaroo Jambi diserang oleh AS pada Selasa (22/5).  Kejadian tersebut terjadi pada pukul 14.30 WIB. Pada saat personel jaga Polsek Maro Sebo sedang melaksanakan piket, tiba-tiba datang seorang tak dikenal dengan menggunakan sepeda motor dan membawa senjata tajam jenis parang.

AS dengan membabi buta menyerang anggota polsek yang sedang berjaga sehingga mengakibatkan dua orang personel Polsek mengalami luka - luka. Terjadi pula kerusakan pada ruangan penjagaan dan kerusakan pada jendela-jendela polsek. AS sempat melarikan diri dengan sepeda motor, namun segera ditangkap.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jambi AKBP Kuswahyudi Tresnadi menyatakan, penyerang Mapolsek Maro Sebo Muaro Jambi bukanlah seorang anggota jaringan teroris. Penyerang tersebut justru seorang residivis narkoba.

"Tersangka ini seorang residivis, pernah memakai narkoba dan terlibat kasus narkoba," kata Kuswahyudi saat dihubungi, Selasa (22/5).

Tersangka diketahui berinisial AS merupakan warga Danau Lamo, Jambi. Ia diketahui juga pernah ditahan dalam kasus narkoba. Kepolisian belum memastikan ada dan tidaknya pengaruh narkoba saat AS melakukan penyerangan. Untuk itu, polisi pun akan melakukan cek urine pada tersangka.

Tersangka diketahui melakukan penyerangan mengenakan pakaian biasa tanpa berwarna hitam tanpa menggunakan atribut mencolok. Motif tersangka melakukan penyerangan pun belum diketahui. "Tersangka belum mengakui alasannya," ucapnya,

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement