Selasa 08 May 2018 15:57 WIB

Puskesmas dan Pos Kesehatan Buka Selama Libur Lebaran

Jumlah pos kesehatan yang ada bertambah lebih dari 3.800 pos kesehatan

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Esthi Maharani
Menteri Kesehatan Nila F Moeloek
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Menteri Kesehatan Nila F Moeloek

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Pemerintah memastikan pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) dan pos kesehatan akan tetap siaga atau buka selama cuti dan libur Idul Fitri 2018/1439 hijriyah.

Menteri Kesehatan Nila F Moeloek mengatakan, layanan kesehatan seperti puskesmas tetap buka selama libur hari raya umat Islam tersebut. Tak hanya itu, pihaknya juga membuka pos kesehatan selama musim libur dan cuti Idul Fitri.

"Jauh sebelumnya kami sudah membuka pos kesehatan sampai cuti berakhir hingga setelah libur dan cuti Idul Fitri," ujarnya kepada Republika usai konferensi pers mengenai SKB 3 Menteri Idul Fitri 2018, di Jakarta, Senin (7/5).

Ia menambahkan, jumlah pos kesehatan yang ada bertambah lebih dari 3.800-an pos kesehatan yang tersebar di titik-titik mudik dan balik. Tak hanya itu, kata dia, Kemenkes tetap memakai ambulans motor. Selain itu nomor kedaruratan 119 juga akan tersedia agar masyarakat bisa berkomunikasi jika kecelakaan terjadi.

"Tetapi mudah-mudahan tidak ada kecelakaan," harapnya.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharanimemastikan bahwa pelayanan yang mencakup masyarakat luas tetap berjalan seperti biasa termasuk Rumah sakit (RS). Sebelumnya, Kemenkes menyiagakan 3.800 pos kesehatan selama Idul Fitri 1438 Hijriyah/2017.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement