Senin 30 Apr 2018 16:04 WIB

Jokowi Tawarkan Indonesia Jadi Lokasi Pertemuan AS dan Korut

Singapura, Mongolia, dan Thailand juga menawarkan diri.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Indira Rezkisari
Joko Widodo
Foto: Antara/Puspa Perwitasari
Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menawarkan Indonesia sebagai tempat penyelenggaraan pertemuan Presiden AS Donald Trump dan Presiden Korea Utara Kim Jong-un. Indonesia, kata Jokowi, siap menjadi tuan rumah untuk penyelenggaraan pertemuan tersebut.

"Juga termasuk di dalamnya tadi kami menawarkan apabila ada yang rencana petemuan antara Presiden Kim Jong-un dan Presiden Donald Trump untuk bisa dilaksanakan di Indonesia, kami juga tawarkan," kata Jokowi dalam konferensi pers di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (30/4).

Tawaran Indonesia ini juga disampaikan kepada Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Rakyat Demokratik Korea untuk Indonesia, An Kwang Il saat pertemuan pada sore hari ini.  "Beliau masih menyampaikan ke sana terlebih dulu," tambahnya.

Lokasi pertemuan pemimpin AS dan Korut hingga kini masih belum disepakati. Namun, Singapura dan Mongolia telah masuk dalam daftar untuk menjadi tempat penyelenggaraan pertemuan. Sedangkan, Thailand mengajukan diri secara sukarela sebagai tempat penyelenggaraan.

Dalam pertemuan itu, kedua negara akan membahas mengenai masalah denuklirisasi di Semenanjung Korea. Korea Utara sendiri juga diberitakan telah mengajukan permintaan agar pertemuan digelar di ibu kota Pyongyang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement