Senin 30 Apr 2018 07:43 WIB

Seribuan Peserta Ikuti Fun Bike Lanud Suryadarma Kalijati

Peserta melintasi trek sepanjang 10 kilometer dengan suguhan pemandangan yang asri

Rep: Ita Nina Winarsih/ Red: Hazliansyah
Ribuan warga dari Purwakarta, Subang, Karawang mengikuti fun bike yang diselenggarakan Lanud Suryadarma Kalijati, Subang, Ahad (29/4).
Foto: dok. Istimewa
Ribuan warga dari Purwakarta, Subang, Karawang mengikuti fun bike yang diselenggarakan Lanud Suryadarma Kalijati, Subang, Ahad (29/4).

REPUBLIKA.CO.ID, SUBANG -- Seribuan warga dan keluarga besar Lanud Suryadarma, Kalijati, Kabupaten Subang, mengikuti fun bike sejauh 10 kilometer. Menariknya, selama di perjalanan, para peserta disuguhi pemandaangan alam dari tiga perkebunan yang ada di wilayah pangkalan udara tersebut.

Komandan Lanud Suryadarma Kalijati, Marsekal Pertama TNI T Sembiring Meliala, mengatakan, para pegowes melintasi trek sejauh 10 kilometer. Mereka melintasi tiga hutan. Yakni, hutan karet, hutan tebu dan singkong.

Meski melintasi hutan, peserta sangat antusias. Bahkan hampir 100 persen mereka bisa melintasi trek yang sudah disediakan oleh panitia.

"Sepeda santai ini dalam rangka gebyar bulan dirgantara Indonesia (BDI) serta puncak HUT TNI AU ke 72," ujar Sembiring, melalui rilis yang diterima Republika.co.id, Ahad (29/4).

Menurut Sembiring, sepeda santai juga menjadi ajang tali silaturahim antara keluarga besar TNI AU dengan warga sekitar. Tanpa sungkan, mereka berbaur menjadi satu dengan menempuh rute mulai dari venue terbang layang. Kemudian, ke perkebunan singkong dan tebu. Lalu, keluar komplek Lanud menuju perkampungan di Desa Tangulun Barat.

Selanjutnya, peserta melintasi jalan raya Kalijati. Kemudian masuk lagi ke area komplek melalui pos 2. Dari pos 2 itu, ribuan peserta finis di hanggar Charli Lanud Suryadarma.

Sembiring mengatakan dipilihnya acara sepeda santai karena minat masyarakat untuk menjelajahi alam Kalijati dengan sepeda sangat tinggi. Selain itu, olahraga ini dikenal ramah lingkungan. Sehingga, sangat bersinergi dengan lingkungan yang masih alami di sepanjang trek sepeda ini.

Selain sepeda santai, ada kegiatan lainnya yang turut memeriahkan HUT TNI AU ini. Seperti, lomba mewarnai untuk anak Paud dan TKI. Mereka juga berkesempatan naik helikopter jenis Caracal.

"Kami juga menampilkan dynamic pegasus show. Ada enam helikopter jenis Colibri untuk menunjukan kebolehan atraksi di langit," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia BDI Lanud Suryadarma, Kolonel Pnb Khairun Aslam, mengatakan, dengan rangkaian kegiatan ini, pihaknya ingin masyarakat menjadi terhibur, teredukasi, serta menjadi inspirasi. Rencananya, kegiatan ini akan menjadi agenda tahunan.

"Untuk menghibur warga juga, kami persembahkan paramotor dan terjun payung yang dibawakan oleh anggota TNI AU," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement